Magetan

Tempat Parkir Anyar Digarap Tahun Depan

Kendaraan Wisatawan Awet Berjubel

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Kendaraan wisatawan Telaga Sarangan masih awet berjubel. Rencana pembangunan tempat parkir baru seluas 4.011 meter persegi di kawasan itu masih digarap tahun depan. Padahal proses pembebasan lahannya telah beres tahun lalu.

Kabid Pengelolaan Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Magetan Teguh Adi Wiyono beralasan tahun ini fokus menyelesaikan administrasi. Selain sertifikasi lahan di badan pendapatan, pengelolaan keuangan, dan aset daerah (BPPKAD) dan rekayasa lalu lintas. ‘’Pembangunan fisik tidak bisa sekaligus tahun ini karena masih ada proses-proses lain yang harus dijalani,’’ katanya Minggu (1/11).

Lokasi kantong parkir anyar berada di depan loket masuk. Titiknya sekitar 600 meter dari kawasan telaga. Disparbud mengklaim jarak tidak menjadi soal. Sebab, ke depannya ada shuttle bus yang dibangun menggunakan dana Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. ‘’Keputusan ini mempertimbangkan tempat parkir yang ada selalu penuh saat liburan,’’ ujarnya.

Teguh menyebut, biaya pembangunan disiapkan Rp 743 juta. Sumbernya dana alokasi umum (DAU). Selain bangunan inti, dana ratusan juta itu untuk membangun fasilitas penunjang. ‘’Ada kios kuliner dan cenderamatanya,’’ ucapnya.

Disparbud meyakini kendaraan wisatawan yang berjubel tidak terlalu parah. Tempat parkir tingkat dan lapangan dekat Puskesmas Pembantu (Pustu) Sarangan masih memadai. Rekayasa buka-tutup akan diberlakukan ketika terjadi lonjakan pengunjung. ‘’Kalau tahun ini masih dirasa cukup,’’ pungkas Teguh. (fat/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button