Magetan

Telaga Sarangan Butuh Lifeguard Khusus

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Telaga Sarangan tetap jadi andalan sektor pariwisata Magetan. Pun tak pernah sepi pengunjung. Sehingga butuh lifeguard khusus. Mereka bertugas mengawasi dan menjamin keselamatan para wisatawan. Utamanya, dari kecelakaan air. Sebab, di telaga ini tersedia jasa perahu. ‘’Animo pengunjung naik perahu keliling telaga juga tinggi,’’ kata Kepala Disparbud Magetan Venly Tomy Nicholas Jumat (21/2).

Menurut dia, tidak hanya rawan kecelakaan perahu, tapi juga kecelakaan lainnya. Sehingga, akan lebih baik jika ada tenaga ahli yang mampu memberi pertolongan pertama pada korban kecelakaan. ‘’Yang paling dibutuhkan kecelakaan air. Karena aktivitas lain juga dilakukan di kawasan telaga,’’ ujarnya.

Pengunjung yang berjubel saat hari libur, lanjut Venly, membuat tidak terkontrol. Belum lagi, para penyedia jasa perahu tidak mewajibkan para penumpang perahu mengenakan pelampung. Sehingga, rawan kecelakaan air. ‘’Sudah ada 10 orang lifeguard untuk memberi keamanan bagi para pengunjung,’’ ungkapnya.

Venly menyebut sudah melakukan rekrutmen sejak Oktober 2019. Sebagian bukan warga asli Sarangan. Menurut dia, bukan masalah, terpenting berkompeten dan  siap jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Pihaknya berkoordinasi dengan badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) setempat saat rekrutmen. ‘’Mereka yang lebih paham mengenai pencegahan dan penyelamatan,’’ jelasnya.

Mereka mulai bekerja awal November 2019 berdasarkan sif sebelum liburan tahun baru. Jam kerja mereka mulai pukul 07.00 sampai 22.00. Namun, jika terjadi kejadian yang tidak bisa ditangani, tetap melibatkan BPBD. ‘’Pada momen tertentu dibuka pos pengamanan juga,’’ ujarnya.

Venly menambahkan, butuh lifeguard dari daerah Magetan. Pasalnya, mereka harus on call. Sehingga, bisa meng-cover kondisi darurat. ‘’Koordinasinya juga jadi  lebih mudah,’’ terangnya.

Selain bertugas menjaga telaga, para lifeguard juga terlibat dalam pembersihan sampah di telaga. Pun harus bisa memberi panduan kepada pengunjung. Sekaligus memberi pengertian para penumpang perahu untuk mengenakan pelampung. ‘’Kami harap bisa memberi kenyamanan para pengunjung,’’ ucapnya. (fat/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close