AdvertorialMagetan

Teknik Bintang Raih Juara Terbaik II KBK Prodita Jatim

Tingkatkan Gizi, Tekan Kematian Bayi

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Magetan kembali diganjar penghargaan dari Pemprov Jawa Timur. Inovasi Puskesmas Takeran berupa Bimbingan Intensif Air Susu Ibu untuk Anak Cemerlang (Teknik Bintang) meraih juara terbaik II Kompetisi Kelompok Budaya Kerja Profesional Disiplin Tanggungjawab (KBK Prodita) se-Jawa Timur.

Piagam penghargaannya diserahkan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa  kepada Bupati Magetan Suprawoto di Kota Batu, Jumat (13/11). ‘’Semoga inovasi Puskesmas Takeran ini dapat memacu puskesmas lainnya untuk meningkatkan pelayanan publik,’’ kata Kang Woto, sapaan bupati.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Magetan Hari Widodo menjelaskan, program Teknik Bintang muncul dari tren cakupan ASI eksklusif yang masih rendah. Sekitar 33 persen bayi di Takeran diketahui diberi susu formula oleh orang tuanya. Penyebabnya, sang ibu merasa ASI-nya kurang di awal melahirkan. Padahal, itu alamiah. ‘’Inovasi ini dapat menekan angka kematian bayi serta meningkatkan gizi dan mencegah stunting,’’ ujarnya.

Teknik Bintang telah diterapkan sejak awal 2019. Puskesmas Takeran rutin memberikan bimbingan dan konseling saat tiga hari pertama kelahiran bayi. Selain itu, para ibu diajarkan memakai sendok untuk menampung kolostrum yang keluar sedikit itu. ‘’Kemudian diberikan pada bayi secara teratur,’’ ucapnya.

Pemkab juga mendapat penghargaan dari Kementerian Kesehatan lewat Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) berkelanjutan. Program itu dijalankan Desa Randugede, Plaosan, dan Kader Pemantau ODF (KPO) Desa Buluharjo, Plaosan. ‘’Ini program pendekatan untuk mengubah perilaku higienis dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan,’’ terangnya. (ebo/odi/c1/cor/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button