Advertorial

Tata Konsep Pariwisata Kota Madiun 2020–2025

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Penataan sektor pariwisata Kota Madiun dalam 15 tahun mulai disusun. Dokumen itu tertuang dalam Raperda Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan 2020–2035 di gedung DPRD pada Senin (23/11).

Maidi menyatakan keseriusannya menata pariwisata lantaran sektor ini memiliki peran penting sebagai salah satu pilar pembangunan. Pun, memberi kontribusi terhadap pendapatan asli daerah (PAD). ‘’Pariwisata juga mampu menyerap investasi dan tenaga kerja yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kita programkan matang dan kita perda-kan,’’ kata Maidi.

Dia berharap potensi pariwisata di Kota Madiun kian berkembang berkat payung hukum berupa perda itu. Mulai produk, pasar, sumber daya manusia, hingga manajemen tertata rinci. Maidi mengangankan semua aktivitas di sektor pariwisata bukan bersifat kagetan. Tak urung, wali kota rela berpanas-panas ria turun langsung mengawasi proses pembangunan fisik empat destinasi wisata buatan kesayangannya itu.

Disbudparpora Kota Madiun membagi destinasi wisata berjenis-jenis dengan sub bagiannya. Ada wisata pendidikan (iptek), objek wisata budaya, dan bangunan kuno atau heritage peninggalan Belanda. Masih ada jenis objek wisata buatan, objek wisata belanja dan kuliner, serta objek hutan atau taman perkotaan.

‘’Harapannya dengan tertatanya induk pariwisata ini masyarakat bisa mengikuti. Artinya, kalau kota ini menjadi kota pariwisata masyarakatnya harus menyambut. Cara melayani, sapta pesonanya, inilah yang nanti kita masukkan ke perda,’’ terang Maidi.

Adapun tujuan dan sasaran yang ingin dicapai dalam raperda tersebut antara lain meningkatkan kualitas dan kuantitas destinasi pariwisata berbasis wisata perkotaan. Kemudian mengomunikasikan destinasi pariwisata dengan menggunakan media komunikasi pemasaran secara kreatif, masif, dan efektif.

Selain itu, mewujudkan industri pariwisata yang mampu menggerakkan perekonomian daerah dan mengembangkan kelembagaan kepariwisataan dan tata kelola yang mampu mendorong pembangunan pariwisata perkotaan. (her/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button