News

Tarumanegara Mengalami Masa Kejayaan Pada Masa Pemerintahan

×

Tarumanegara Mengalami Masa Kejayaan Pada Masa Pemerintahan

Share this article

Tarumanegara Mengalami Masa Kejayaan Pada Masa Pemerintahan – Kerajaan Tarumanegar didirikan pada tahun 358 M oleh seorang Maharesi (pendeta) asal Salankayan India bernama Rajadirajaguru Jayasingavarman (358-382 M) berdasarkan naskah Wangsakerta.

Jayasingavarman bukan keturunan Indonesia. Jayasingavarman datang ke india bersama beberapa pengungsi dari India pada abad ke-4. Saat itu, salah satu tempat asal Jayasingavarma – kerajaan Pallawa dan Kalankaya di India – ditaklukkan oleh kerajaan Magadha.

Tarumanegara Mengalami Masa Kejayaan Pada Masa Pemerintahan

Menurut para arkeolog, Kerajaan Tarumanagara terletak di tepi Sungai Sisaden (sekarang wilayah Banten). Pusat Kerajaan Tarumanegar berpusat di Sundapur yang sekarang dikenal dengan nama Bekasi.

Pasangan Kerajaan Dan Raja Yang Mengalami Kejayaan Pada Masa Pemerintahannya Adalah ….a. 1c, 2d, 3b, 4a

Puncak Kesultanan Tarumanegar Kesultanan Tarumanegar mencapai puncak kejayaannya pada generasi ketiga setelah Maharaja Purnavarman (395-434 M), Jayasingavarman, dan Dharmayavarman (382-395 M). Pada masa pemerintahan Purnavarman, masyarakat kerajaan bermata pencaharian sebagai penggarap.

Perkembangan irigasi ini membawa dampak yang besar bagi perkembangan kerajaan Tarumanegar karena berguna untuk mengeringkan lahan pertanian. Di sisi lain, proyek tersebut membuat Poornavarman memuji rakyatnya.

Asal Usul Sejarah dan Reruntuhan Kerajaan Tarumanegar Ada banyak reruntuhan sejarah di Kerajaan Tarumanegar yang memberikan sedikit pencerahan tentang sejarah kekuasaan kerajaan. Berikut beberapa reruntuhan Kerajaan Tarumanegar:

Naskah Wangsakerta memuat artikel tentang Karita Parahyangan, Negarakretabhumi, Pustaka Dwipantara Parva, Pustaka Pararatvan I Bhoomi Javadweepa dan Pustaka Rajyarajya Bhoomi Nusantara.

Kerajaan Tarumanegara: Lokasi, Raja Raja, Dan Peninggalan

Prasasti Siyarutune memuat gambar laba-laba dan pahatan kaki yang mengartikan kesaktian Purnavarman. Selain itu, prasasti Siyarutune memuat aksara Pallawa berbahasa Sansekerta.

Prasasti pada tugu tersebut memuat informasi mengenai 2 proyek yang dibuat oleh Rajadirajaguru Jayasingavarman berupa Sungai Gomati. Sungai ini merupakan aliran air yang dikeruk pada masa Purnavarman.

Baca Juga  Tuliskan Lima Macam Bahan Tambang Lokasi Ditemukannya Dan Pemanfaatannya

Kerajaan Tarumanegar pernah diperintah oleh sekitar 12 raja yang berbeda sejak awal berdirinya hingga kejatuhannya. Berikut daftar raja-raja yang pernah memerintah Kerajaan Tarumanegar:

Kemunduran Kerajaan Tarumanegar dimulai ketika generasi ke-8 Kertavarman (561-628) berkuasa. Hasan Jafar menulis dalam Tarumanagara: Latter Sejarah dan Penigalan (1991) benih perpecahan muncul di kerajaan Tarumanagara pada masa pemerintahan Kertavarman.

Ss Term 1

Beberapa yurisdiksi tidak percaya pada kemampuan Kirtavarman untuk memimpin pemerintahan Kerajaan Tarumanegar. Di sisi lain, bermunculan kerajaan-kerajaan rival yang menjadi ancaman, antara lain Kerajaan Kalinga di Jawa dan Kerajaan Sriwijaya di Sumatera.

Kerajaan Tarumanegar hancur setelah raja generasi ke-12 Lingavarman (666-669 M). Raja Lingavarman mempunyai dua orang putri, Manasi dan Sukakenchana, sehingga tidak ada raja pewaris. Oleh karena itu, suksesi kerajaan diberikan kepada Tarusbav, suami Manasiha. Di sinilah Kerajaan Tarumanegar benar-benar berakhir.

Raja Purnavarman Pada masa pemerintahan Raja Purnavarman Raja Purnavarman menerapkan beberapa kebijakan pembangunan yang baik seperti pembangunan sungai Gomati dan Chandrabagh yang memperkaya pertanian. Kehebatan kepemimpinan Raja Purnavarman digambarkan dalam beberapa prasasti. Kerajaan Tarumanegar (358-669 M) adalah sebuah kerajaan di tepi Sungai Sisaden di Jawa Barat. Kerajaan ini didirikan pada tahun 358 oleh Rajadirajaguru Jayasingavarman. Sumber sejarah Kerajaan Tarumanegar antara lain Prasasti Siarutyun, Prasasti Jambu, Prasasti Pasir Awi, Prasasti Kapi Kebun, Prasasti Muwara Sianten, Prasasti Tugu dan Prasasti Lebak.

Kerajaan Tarumanegar menikmati masa keemasan pada masa pemerintahan Raja Purvarman (Raja Ketiga Tarumanegar). Adapun kepercayaan masyarakatnya sendiri beragama Hindu yang dianut oleh Raja Purnavarma, ada yang menganut agama Buddha dan ada pula yang menganut animisme dan aktivisme.

Kerajaan Tarumanegara: Sejarah, Raja, Masa Kejayaan, Dan Peninggalan

Selain itu, dalam kegiatan ekonomi masyarakat, mereka mengembangkan perdagangan, pertanian, dan peternakan. Menurut catatan Fa-Hien (wisatawan Tionghoa), masyarakat Tarumanegar berdagang padi dan jati. Kemudian di bidang Pertanian, Prasasti Gantung menggambarkan penggalian sungai Chandrabagh, yang diperintahkan oleh Raja Purnavarma sendiri untuk mengairi sawah. Selain penggembalaan, masyarakat juga mengembangkan penggembalaan seperti ternak, dan prasasti di tugu tersebut menyatakan bahwa Raja Purnavarman sendiri menyumbangkan 1000 ekor sapi kepada para brahmana.

Baca Juga  Jelaskan Bahan Untuk Melukis

Kerajaan Taruma Negara mengalami kemunduran di bawah Raja Sudavarma. Hal ini terjadi karena raja tidak memperdulikan permasalahan di kerajaannya. Kemudian muncullah kerajaan baru bernama Kerajaan Galuh yang didirikan oleh cucu raja ke 8. Wilayah Kerajaan Galuh pada mulanya merupakan wilayah Kerajaan Tarumanegar. Selain itu, raja terakhir atau kedua belas yaitu Raja Lingavarman tidak memiliki ahli waris karena ia memiliki dua orang putri. Dan Kerajaan Tarumanegar runtuh pada abad ke-7 karena diserbu oleh Kerajaan Sriwijaya.

Kerajaan aceh mencapai kejayaan pada masa pemerintahan, kerajaan mataram kuno mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan, kerajaan sriwijaya mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan, masa kejayaan majapahit terjadi pada masa pemerintahan, kerajaan aceh mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan, kerajaan sriwijaya mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan raja, kerajaan majapahit mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan, masa kejayaan kerajaan tarumanegara, kerajaan majapahit mengalami masa kejayaan pada masa pemerintahan, kerajaan majapahit mencapai kejayaan pada masa pemerintahan, kerajaan mataram mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan, sriwijaya mencapai kejayaan pada masa pemerintahan

News

Apa Itu Boti – Danang Wisnu mendapat sambutan…