Pacitan

Tarif Retribusi Dua Pantai Pacitan Naik

Imbas dari Rencana Peningkatan Target PAD

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Retribusi wisata Pantai Klayar dan Watukarung kembali dinaikkan tahun depan. Kebijakan itu diterapkan setelah melalui berbagai pertimbangan. Salah satunya untuk mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD).

Kabid Promosi Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Pacitan Harsanto mengatakan, Pantai Klayar dan Pantai Watukarung merupakan objek wisata yang paling ramai dikunjungi pelancong. Sampai saat ini sebanyak 395.659 wisatawan telah berkunjung ke Pantai Klayar. Sedangkan, Pantai Watukarung telah dikunjungi 138.120 wisatawan. ‘’Total kunjungan ada 1.384.564 wisatawan,’’ sebutnya.

Popularitas Pantai Klayar dan Watukarung memang unggul dibandingkan objek wisata pantai lain yang dikelola pemkab. Baik itu Pantai Buyutan, Taman, Srau, maupun Pancer Door. Serta objek wisata lain seperti pemandian air hangat, Gua Gong, dan Gua Tabuhan. ‘’Selain karena tertinggi pengunjungnya, ada pertimbangan lain juga. Salah satunya rencana target PAD tahun depan yang akan naik menjadi Rp 16 miliar,’’ kata Harsanto.

Pada tahun ini target pemasukan retribusi sektor wisata mencapai Rp 12,2 miliar. Dengan demikian, terdapat peningkatan sekitar Rp 3,8 miliar pada tahun depan. Kondisi itu tentu membutuhkan strategi pengembangan dan intensifikasi pendapatan.

Seperti diketahui, retribusi masuk Pantai Klayar saat ini adalah Rp 10 ribu. Sementara Pantai Watukarung, per pengunjung dikenai tarif Rp 5 ribu. ‘’Kalau nominal kenaikannya belum pasti. Yang jelas, tidak boleh lebih dari 100 persen dari tarif sebelumnya,’’ jelas Harsanto. (den/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button