Pacitan

Target Pemasukan Retribusi Wisatawan Pacitan Rp 4 Miliar Per Triwulan

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Pacitan pasang target memperoleh pemasukan Rp 4 miliar per triwulannya. Angka itu perolehan minimal demi mencapai target pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor retribusi pariwisata Rp 16 miliar tahun ini. ‘’Estimasi itu dihitung menyesuaikan waktu setahun,’’ kata Kabid Pemasaran Disparpora Pacitan Harsanto Rabu (15/1).

Harsanto optimistis bisa mencapai target triwulanan tersebut. Hingga tidak akan ada minus saat tutup tahun. Meskipun target retribusi tahun ini naik Rp 4 miliar dari sebelumnya Rp 12,2 miliar. Pihaknya telah mengalkulasi dari beberapa faktor. Seperti sejumlah momen liburan yang diyakini mendongkrak kunjungan wisatawan. Ditambah tarif retribusi anyar di beberapa objek wisata. ‘’Tarif baru diberlakukan mulai Maret nanti,’’ ujarnya.

Faktor lainnya, peningkatan infrastruktur serta sarana dan prasarana (sarpras) objek wisata. Pantai Klayar, salah satunya. Kantong parkir destinasi itu akan diperluas dan membangun jalan lingkar untuk memisahkan akses masuk-keluar kendaraan. ‘’Untuk mengurai kemacetan,’’ imbuh Harsanto.

Dia menyebut, capaian retribusi per 13 Januari lalu sebesar Rp 1 miliar. Sedangkan realisasi tahun lalu melampaui target. Dari Rp 12,2 miliar, tercapai Rp 13 miliar. ‘’Kalau dipersentasekan 107 persen,’’ ungkapnya. (mg2/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close