Ponorogo

Target Cetak KIA di Ponorogo Naik Lipat Empat

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Target pencetakan kartu identitas anak (KIA) di Ponorogo tahun ini naik empat kali lipat. Dispendukcapil setempat harus menyelesaikan sedikitnya 120 ribu pencetakan lagi sampai akhir 2020. ‘’Sebelumnya kami sebatas mencetak bagi yang datang mengurus langsung ke kantor,’’ ujar Kabid Pemanfaatan Data Inovasi dan Pelayanan Dispendukcapil Amrouji Rabu (5/2).

KIA, kata Amrouji, merupakan kartu identitas bagi warga negara yang belum cukup umur memiliki KTP elektronik. Yakni, penduduk yang berusia satu hari hingga 16 tahun. KIA sejatinya sudah diluncurkan lebih dari tiga tahun lalu. ‘’Wajib KIA di Ponorogo ada 200 ribu,’’ sebutnya.

Dia menjelaskan, hingga akhir Januari lalu pihaknya baru mencetak 30 ribu keping KIA. Itu khusus untuk warga yang datang mengurus langsung di kantor dispendukcapil. Usianya dibatasi lima hingga 16 tahun. Pun, dispendukcapil tidak melayani pengurusan di tingkat kecamatan.

Lantaran target yang dibebankan tahun ini naik empat kali lipat, kata Amrouji, dispendukcapil mau tidak mau harus jemput bola. ‘’Kami bekerja sama dengan sekolah-sekolah,’’ tutur Amrouji. ‘’Sudah 320 lembaga yang kami gandeng,’’ imbuhnya.

Dia mengatakan, setiap hari petugas berkeliling melakukan perekaman KTP elektronik bagi siswa yang sudah cukup umur maupun belum. ‘’Kepemilikan KIA rata-rata didominasi kalangan pelajar, mulai tingkat TK, SD/MI, sampai SMP/MTs,’’ terangnya.

Amrouji optimistis dispendukcapil mampu mencetak 120 ribu keping KIA tahun ini. Sisa 50 ribu untuk bisa mencapai target 200 ribu keping, lanjut dia, akan dituntaskan pada 2021 mendatang. ‘’Total dari 30 ribu ditambah 120 ribu yang dicetak tahun ini, berarti akan ada 150 ribu keping yang tercetak. Sisanya yang 50 ribu diselesaikan tahun depan,’’ jelasnya. (naz/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button