Madiun

Tanggul Kali Jeroan Ambrol, Warga Desa Kedungjati Terancam Kebanjiran

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Sejumlah permukiman di Desa Kedungjati, Balerejo, terancam kebanjiran. Itu setelah tanggul Sungai Jeroan di desa setempat ambrol sepanjang 10 meteran. Pemerintah desa (pemdes) setempat tidak dapat berbuat banyak selain sekadar mengimbau warga agar lebih waspada. ”Cukup membahayakan, karena yang ambrol berada di totokan arus air,” kata Kades Kedungjati Agus Purwanto Minggu (18/4).

Agus menjelaskan, tanggul sebelumnya sudah keropos di bagian bawah. Kondisinya semakin parah lantaran terus tergerus arus air dari waktu ke waktu. Akhirnya, ketika kiriman air dari dataran tinggi melimpah ditambah hujan di wilayah sekitar, pada Jumat lalu (16/4) tanggul pun ambrol. ”Kalau ambrol seperti ini yang paling berbahaya saat sungai deras dan air meluap ke rumah warga,” ungkapnya.

Dia menyebutkan, sedikitnya delapan rumah di RT 03 RW 01 berpotensi diterjang banjir menyusul ambrolnya tanggul Sungai Jeroan. ”Warga sekitar sudah kami imbau untuk selalu berhati-hati dan waspada,” imbuhnya. (den/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button