Pacitan

Tanggapan Pedagang Pasar Arjosari Pascarevitalisasi

Senang Bisa Kembali, tapi Panasnya Menyengat

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan –  Pedagang Pasar Arjosari, Kecamatan Arjosari, Pacitan, bisa bernapas lega. Saat ini mereka sudah kembali menempati pasar baru yang telah direvitalisasi. Sebelumnya, selama proses revitalisasi, ratusan pedagang menempati pasar penampungan sementara di Stadion Citra Mandiri, Arjosari.

Terhitung sejak 20 Januari lalu, pedagang mulai menempati beberapa kios di dalam pasar. Namun, sebagian masih kosong lantaran masih proses finishing. Sedangkan deretan kios di bagian depan mayoritas sudah ditempati para pedagang. ‘’Kami berharap aktivitas pasar semakin meningkat sehingga kegiatan ekonomi berjalan baik,’’ kata Yanti, salah seorang pedagang pasar setempat, Kamis (23/1).

Saat ini, lanjut dia, pemulihan memang belum maksimal. Sebab, baru pindahan. Sehingga, belum banyak pembeli yang datang. Selama sembilan hari menempati pasar penampungan sementara terasa berat. ‘’Di sana (penampungan, Red) sepi. Otomatis omzet turun drastis,’’ ujarnya.

Menurut perempuan 34 tahun itu, selama di Stadion Citra Mandiri, setengah hari hanya bisa mengantongi maksimal Rp 300 ribu. Padahal, saat di Pasar Arjosari (sebelum direvitalisasi) dalam rentang waktu yang sama dia bisa mendapatkan pemasukan hingga Rp 800 ribu.

Rini, pedagang lainnya, juga mengaku omzetnya turun hingga 60 persen selama di pasar penampungan. Sehingga, ketika balik lagi ke Pasar Arjosari, dia pun senang. ‘’Pelan-pelan insya Allah cepat balik keadaannya,’’ ucapnya.

Geliat jual beli juga sangat berbeda jauh. Menurut dia, di sekitar Pasar Arjosari yang berlokasi di Jalan Raya Pacitan-Ponorogo sangat ramai. Meski demikian, Rini kurang nyaman dengan bangunan pasar baru. Sebab, sengatan matahari lebih terasa dibanding sebelum direvitalisasi. ‘’Dulu di depan ada parkiran yang atapnya jadi penghalang panas. Sekarang nggak ada,’’ sebutnya. (mg2/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close