Ngawi

Tanggapan Kanang soal Revitalisasi Benteng Van Den Bosch

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Bupati Ngawi Budi ’’Kanang’’ Sulistyono pesimistis proses revitalisasi Benteng Van Den Bosch bakal rampung tahun depan. Untuk menyelesaikan proses tersebut sampai tahap finishing dengan sisa waktu hanya tersisa satu tahun, dinilai mustahil. ‘’Kalau prosesnya (revitalisasi) saya yakin bisa maksimal, tapi dengan waktu dua tahun tidak akan mampu,’’ kata Kanang Rabu (27/11).

Mengapa tidak yakin proses revitalisasi selesai akhir 2020? Kanang beralasan kondisi kerusakan pada benteng yang dibangun pada 1845 silam itu sudah over. Karena itu, banyak pekerjaan yang harus diselesaikan hingga tahap finishing. ‘’Pasti akan ada tambahan lagi sampai 2021, paling tidak untuk proses finishing-nya,’’ ujar Kanang.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menargetkan proses revitalisasi bangunan lawas yang oleh warga sekitar lebih dikenal dengan sebutan Benteng Pendem itu dilakukan selama dua tahun. Namun, kala itu belum ada kajian mendalam, khususnya terkait kerusakan benteng. ‘’Kalau tahun depan harus selesai sampai finishing, saya kira sangat berat,’’ tuturnya.

Perhitungan Kanang, tahun ini setidaknya telah dilakukan penguatan beberapa bagian bangunan benteng. ‘’Supaya jangan sampai ada bagian tertentu yang ambruk, maka dikuati dulu,’’ papar Kanang.

Jika penguatan itu telah rampung, baru tahun depan melangkah ke proses inti revitalisasi benteng. Kelak bangunan lama yang sudah rusak diperbaiki lagi. Pun, Kanang berharap setelah direvitalisasi benteng tersebut bisa mendekati bangunan aslinya.

Kanang menambahkan, proses revitalisasi Benteng Van Den Bosch ditangani langsung pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR). Melibatkan sejumlah tenaga ahli, termasuk dari Badan Arkeologi Nasional. Revitalisasi itu bertujuan mengembalikan bentuk benteng mendekati aslinya. (tif/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button