Magetan

Tangani Longsor Jalan Thamrin, BBWS Bengawan Solo Alokasikan Rp 10 M

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Tiga tahun sudah warga Magetan menantikan penanganan longsor yang memutus Jalan Thamrin. Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo akhirnya memberi kabar gembira. Mereka berencana menangani permanen longsor akibat erosi Sungai Gandong itu tahun ini. ‘’Khusus Jalan Thamrin disiapkan Rp 10 miliar,’’ kata Kepala BBWS Bengawan Solo Agus Rudyanto, Sabtu (1/5).

Tahun ini, Rp 26 miliar anggaran pusat bakal dikucurkan untuk menangani tiga titik longsor di sepanjang Sungai Gandong. Jalan Thamrin salah satunya. Selain Jalan Thamrin, duit puluhan miliar itu digerojok untuk menangani longsor di belakang Masjid Agung Baitussalam dan di seputar kawasan Makam Ki Mageti. ‘’Untuk ketiga titik akan ditangani secara permanen,’’ ujarnya.

Anggaran yang digerojok untuk menangani permanen longsor di Jalan Thamrin lebih besar dari estimasi BPBD dan DPUPR Magetan. Talut dan fondasi Jalan Thamrin yang rusak diperbaiki total. ‘’Tahun lalu kami sudah melakukan kajian, pengukuran, dan penghitungan terhadap rencana penanganan ketiga titik longsor tersebut,’’ terang Agus.

Di tempat terpisah, Kabid Sumber Daya Air DPUPR Yuli Karyawan Iswahjudi mengatakan bahwa pihaknya bakal mendukung kelancaran penanganan permanen tiga longsor di wilayah kota tersebut. Pembukaan akses baru untuk keluar masuk alat berat di Jalan Thamrin segera dipersiapkan. ‘’Untuk penanganan longsor di kawasan Makam Ki Mageti dan belakang Masjid Baitussalam sudah ada akses layak,’’ sebutnya. (fat/c1/naz)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button