Madiun

Tangan Dingin Oni Antar Jatim Sabet Emas Sepak Takraw PON Papua

Enam Bulan Hanya Bisa Pantau Latihan lewat Zoom

PAPUA, Jawa Pos Radar Madiun – Satu medali emas Jatim di PON Papua 2021 berhasil disumbangkan double team putra cabor sepak takraw. Siapa sangka, di balik sukses itu ada peran seorang warga Kota Madiun. Yakni, Oni Diar Saputra.

Di final, timnya bersua Sulawesi Selatan. Suasana tegang dirasakan Oni yang berada di pinggir lapangan. Bagaimana tidak, anak asuhnya sempat tertinggal 0-1 sebelum akhirnya mampu membalikkan keadaan dan menang 2-1. Hasil itu mengantar tim Jatim meraih medali emas. ‘’Alhamdulillah, dapat emas,’’ ucap Oni, Sabtu (2/10).

Sukses meraih emas tersebut tidak sekadar faktor taktik dan permainan. Melainkan juga dipengaruhi kondisi fisik atlet. ‘’Terkait fisik anak-anak, kami bekerja sama dengan Unesa, Unair, dan salah satu konsultan asal Australia,’’ ungkap warga Jalan Bumi Indah, Kelurahan Kelun, Kartoharjo, itu.

Untuk meningkatkan kondisi fisiknya, anak asuh Oni harus melahap berbagai jenis latihan. Mulai lari, sit-up, pull-up, hingga angkat beban. ‘’Latihannya dua kali dalam seminggu,’’ kata guru SMPN 7 Kota Madiun itu sembari menyebut tim sepak takraw Jatim sebelum pandemi sempat melakukan try out di Thailand dan Malaysia.

Kemudian, setiap pekan Oni bersama pelatih lainnya melakukan evaluasi terkait progres pemain. Jika ada yang dirasa kurang maksimal, Oni dkk berupaya mencarikan solusi. ‘’Misalnya smesnya kurang mantap, berarti ada suatu hal yang harus dibenahi,’’ ujar pria yang berkecimpung di dunia sepak takraw sejak 1982 itu.

Namun, lantaran pandemi Covid-19 mulai melanda, Oni sempat tidak dapat berinteraksi langsung dengan anak asuhnya. Selama enam bulan dia hanya bisa memantau latihan mereka dan memberikan pengarahan lewat Zoom. ‘’Saya baru bisa kembali ke asrama Mei lalu,’’ katanya.

Bagi Oni, PON Riau 2012 menjadi ajang yang paling berkesan. Pasalnya, kala itu tim sepak takraw Jatim mampu meraih lima medali emas, satu perak, dan dua perunggu. (tr1/c1/isd/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button