Advertorial

Tangan Dingin Kanang Melejitkan Koperasi dan UMKM

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Perkembangan koperasi dan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Ngawi tak lepas dari tangan dingin Bupati Budi ”Kanang” Sulistyono. Selama satu dekade Kanang sukses memajukan bidang tersebut. Sederet penghargaan menjadi bukti. Paling prestisius yakni penghargaan Satyalancana Pembangunan Bidang Pemberdayaan Koperasi dan UMKM dari Presiden RI Joko Widodo 2019 lalu. ‘’Ini bukti kesuksesan Pak Kanang di bidang koperasi dan UMKM,’’ kata Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Dinkop UM) Harsoyo.

Capaian itu tak lepas dari berbagai terobosan yang dilakukan dinkop UM sebagai kepanjangan tangan bupati. Di antaranya, gerakan koperasi, penumbuhan usaha mikro di tempat wisata, serta promosi berbagai produk UMKM dalam berbagai event maupun pameran. ‘’Yang tak kalah penting penumbuhan wirausaha baru, kegiatan fasilitasi pengembangan UMKM di desa-desa,’’ terangnya.

Transmigrasi juga terbukti mampu mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat. Lewat program tersebut banyak warga ngawi yang kini sukses di perantauan. Atas keberhasilan di bidang transmigrasi, Kanang sukses menyabet Piala Transmigration Award kategori Makarti Nayotama pada 2014 lalu. ‘’Transmigrasi memberi kesempatan bagi warga Ngawi untuk meningkatkan kesejahteraan,’’ kata Harsoyo.

Menurut dia, berbagai prestasi yang ditorehkan dinkop UM merupakan buah kerja sama yang solid antara organisasi perangkat daerah (OPD). Kanang dinilai sukses menyatukan semua OPD untuk menggapai visi-misi daerah. Harsoyo kagum Kanang mampu menguasai berbagai permasalahan. Baginya Kanang merupakan sosok yang tegas dalam mengambil keputusan. ‘’Beliau kerap berpesan, menjadi pejabat itu tidak diladeni, tapi meladeni masyarakat,’’ pungkasnya. (rio/c1/naz/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button