Madiun

Tambah Daya-Lapor Gangguan Listrik, Cukup via PLN Mobile

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Rupanya warga yang hendak menggelar hajatan dapat menambah daya listrik sementara. Tidak perlu repot datang ke kantor PLN, melainkan dapat mengajukan permohonan melalui aplikasi. Pasca hajatan diizinkan kembali setelah sebelumnya ditangguhkan puluhan warga mengajukan penambahan daya sementara untuk menggelar hajatan.

Manager Bagian Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan PLN UP3 Madiun Indra Sujatmika membeberkan pasca hajatan diizinkan beberapa waktu lalu sedikitnya 20-an warga mengajukan permohonan. Pun hanya mengajukan melalui aplikasi PLM Mobile tanpa mendatangi kantornya. Mereka cukup memasukkan ID pelanggan, dan kebutuhan daya yang diperlukan. ‘’Misalnya butuh daya dua hari karena sebelumnya hanya daya 450 VA dijadikan 5.000 VA,’’ kata Indra, Sabtu (25/9).

Indra menambahkan setelah mendaftar, petugas bakal mendatangi rumah pelanggan untuk meningkatkan daya listrik. Dia mengungkapkan pelanggan juga dapat mengetahui estimasi biaya yang dibutuhkan melalui aplikasi itu. ‘’Tinggal melakukan pembayaran saja melalui transaksi elektronik bisa,’’ lanjutnya.

Indra mengklaim selain layanan penamabahan daya hajatan, aplikasi dapat dimanfaatkan untuk pelayanan lainnya. Seperti pembelian token dan pembayaran listrik. Kemudian pengaduan berupa gangguan listrik maupun keluhan. ‘’Tidak perlu lagi mencari telepon umum atau datang ke kantor PLN. Ini sekaligus sebagai dukungan PLN membantu pemerintah menekan penyebaran Covid-19,’’ tukasnya.

Layanan lain, lanjut dia, catat meter secara mandiri tanpa harus menunggu petugas datang. Pelanggan cukup mengupload foto hasil jepretan meter listrik. Berikutnya Info Stimulus. Artinya, pelanggan dapat mengetahui apakah daya listrik yang digunakan setiap hari masuk sebagai penerima stimulus atau tidak. Di situ, ID Pelanggan dimasukkan, secara otomatis akan ada jawaban dari server.

Dia menambahkan layanan lainnya yakni penyambungan baru, penambahan daya permanen. Misalnya dari sebelumnya daya 450 VA menjadi 900 VA atau 1.300 VA. Pun saat ini masih ada diskon. Khusus untuk pelanggan 450 VA dan 900 VA biayanya cukup Rp 202.100. ‘’Promo ini berlaku hingga akhir Oktober 2021,’’ ungkapnya sembari menyebut ada juga simulasi biaya yang dapat dimanfaatkan ketika pelanggan ingin mengetahui biaya pemasangan baru maupun tambah daya.

Pada sisi lain sejak diluncurkan Oktober tahun lalu aplikasi itu telah diunduh sedikitnya 86.634 pelanggan. Perinciannya Oktober hingga Desember 2020 sebanyak 4.600 pelanggan, dan 82.034 pelanggan sejak Januari hingga 22 Septmber tahun ini. Sementara itu pihaknya ditargetkan aplikasi diunduh sebanyak 91.519 pelanggan hingga tutup tahun. ‘’Ini capaiannya sudah 89,64 persen,’’ pungkasnya. (kid/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button