Ngawi

Taman Soekarno Gagal Dibangun Tahun Ini

Anggaran Pembangunan Terdampak Rasionalisasi

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Pembangunan Taman Ir Soekarno di selatan Terminal Kertonegoro dipastikan gagal terlaksana tahun ini. Hal itu disebabkan adanya rasionalisasi anggaran untuk penanggulangan Covid-19. ‘’Sebenarnya semua perencanaannya sudah siap,’’ kata Kabid Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Ngawi Joko Sutrisno Kamis (6/8).

Sesuai masterplan, taman tersebut bakal dibangun di lahan seluas empat hektare.  Meliputi area komunitas hijau serta sebagian lainnya persawahan. ‘’Sawah yang statusnya milik warga rencananya juga akan dibeli,’’ ungkapnya sembari menyebut proyek Taman Ir Soekarno sedianya disiapkan anggaran Rp 4,8 miliar.

Joko pun tidak bisa memastikan apakah pembangunan taman tersebut dilakukan pada 2021 mendatang. Alasannya, masih ada potensi anggaran kena pangkas lagi. ‘’Belum tahu apakah sudah bisa dikerjakan tahun depan,’’ ucapnya.

Selain berbagai jenis tanaman, taman tersebut bakal dilengkapi dengan patung Ir Soekarno setinggi 7-9 meter. Juga relief beberapa pahlawan lainnya. ‘’Ada ikon pahlawan agar para generasi muda tidak lupa sejarah bangsa ini,’’ tuturnya.

Joko menambahkan, pembangunan Taman Ir Soekarno merupakan bagian dari upaya menambah luasan ruang terbuka hijau (RTH) di Ngawi. Tujuannya agar kualitas udara semakin baik sekaligus bisa dimanfaatkan warga untuk refreshing. (mg1/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
close