Advertorial

Taman Praja Gelorakan Semangat Harkitnas

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Momen Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-113 tahun ini masih dalam bayang-bayang wabah Covid-19. Kalangan wakil rakyat satu suara mengajak seluruh masyarakat bersama-sama bangkit dari pandemi dan tangguh secara ekonomi.

Semangat itu sejalan dengan tema besar yang ditetapkan pemerintah pusat terkait peringatan Harkitnas di masa pandemi kali ini, yakni Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh.

Ketua DPRD Kota Madiun Andi Raya (AR) BMS mengatakan, spirit Harkitnas sangat dibutuhkan masyarakat saat ini untuk bangkit dari keterpurukan akibat pandemi. Itu sesuai yang dilakukan Boedi Oetomo, organisasi penggerak nasionalisme yang digagas dr Wahidin Soedirohoesodo di masa penjajahan Belanda. ‘’Menggerakkan pemuda di seluruh wilayah Indonesia mengobarkan nasionalisme. Semangat itu pula yang kita kobarkan bersama saat ini,’’ kata AR.

Politisi PDIP itu menjelaskan, melalui Boedi Oetomo tercetuslah kongres pemuda yang menjadi salah satu jalan membebaskan bumi pertiwi dari kolonialisme. Semangat bersatu itu pula yang didorong kalangan dewan agar masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) di mana pun berada. ‘’Mewakili jajaran dewan kami ajak seluruh elemen menjadi masyarakat tangguh,’’ ujarnya.

Wakil Ketua I DPRD Kota Madiun Istono menambahkan, prokes juga harus menjadi senjata menghilangkan ketakutan beraktivitas di masa pandemi. Dia mengajak warga tetap produktif di bidang masing-masing dengan tetap menerapkan prokes. ‘’Silakan tetap beraktivitas, tapi dengan disiplin menerapkan 5M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas, Red),’’ kata Istono.

Istono mengungkapkan, peringatan Harkitnas juga merupakan momentum yang tepat untuk menelurkan inovasi-inovasi agar tangguh di segala bidang. Tak terkecuali inovasi dalam bidang pendidikan. Dia menilai, jika pendidikan kembali bangkit akan menjadi penanda kebangkitan ekonomi. ‘’Pendidikan jika mengandalkan jaringan belum banyak giat ekonomi yang berdampak,’’ tuturnya.

Sementara itu, Wakil Ketua II DPRD Kota Madiun Armaya menyampaikan pandangan tentang semangat gotong royong memaknai Harkitnas tahun ini. Menurutnya, peringatan Harkitnas merupakan upaya untuk menjaga dan mendukung semangat gotong royong sebagai fondasi pembangunan sekaligus optimistis menghadapi masa depan. ‘’Bersatu padu, gotong royong menjaga semangat terus berikhtiar mempercepat pemulihan dari pandemi Covid-19,’’ ucap Armaya. (kid/c1/isd/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button