Ngawi

Taman Dungus Sudah Sedot Duit Rp 5 Miliar

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Pemkab bisa jadi masih harus merogoh kocek lagi untuk pembangunan Taman Dungus di Desa Karangasri, Ngawi. Meski dana yang dikeluarkan sudah mencapai lebih dari Rp 5 miliar, sejauh ini baru dua zona I dan II yang terselesaikan. ‘’Kurang empat zona lagi,’’ kata Kabid Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Ngawi Joko Sutrisno Rabu (5/2).

Joko menjelaskan, zona I meliputi gapura pintu masuk taman dan tempat parkir kendaraan pengunjung. Sedangkan zona II kompleks air mancur berikut patung kerbau di atasnya. ‘’Memang pembangunannya secara bertahap,’’ ujarnya.

Untuk menyelesaikan dua zona tersebut, pemkab telah mengeluarkan anggaran sekitar Rp 5,3 miliar. Sementara, tahun ini sediktnya duit Rp 980 juta bakal digelontorkan untuk membangun satu zona lagi, yakni zona V. ‘’Zonasi itu meliputi kios PKL, toilet pengunjung, kantor petugas taman, dan beberapa tanaman hias,’’ terang Joko.

Dia menyebut bahwa pembangunan taman itu sengaja tidak diurutkan. Melainkan didasarkan pada kebutuhan yang mendesak. Setelah zona I dan zona II selesai dibangun, kata Joko, respons masyarakat terhadap Taman Dungus itu sangat baik. Pun, menarik minat para PKL untuk berjualan di lokasi tersebut. ‘’Maka dari itu, zona V yang diproyeksikan untuk PKL didahulukan,’’ ujarnya.

Joko menuturkan, kelak ada sekitar 15 PKL yang dapat ditampung. Lokasinya berada di barat area air mancur pada lahan sekitar 450 meter persegi. ‘’Mudah-mudahan bulan depan sudah bisa dilelang dan segera dilaksanakan (pembangunan zona V),’’ harapnya.

Bagaimana dengan zona III, IV, dan VI? Joko mengaku belum bisa menyebutkan kapan dibangun karena berkaitan dengan ketersediaan anggaran. ‘’Kalau (anggaran) tersedia kami lanjutkan. Kalau tidak ada, ya dihentikan dulu,’’ ucapnya. (tif/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close