Mejayan

Takbir Keliling Dilarang, Potong Hewan Kurban Wajib Prokes

MEJAYAN, Jawa Pos Radar Caruban – Kegiatan takbir keliling dan salat Idul Adha (Id) di masjid ditiadakan. Pemerintah menganjurkan dua kegiatan tersebut digelar di rumah masing-masing selama masa PPKM Darurat. ‘’Sementara ibadah di rumah masing-masing,’’ kata Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Setdakab Madiun Mashudi, Minggu (18/7).

Peraturan itu termaktub dalam SE Bupati Madiun 451/523/402.012/2021 tentang PPKM Darurat dan Idul Adha. SE tersebut mengacu regulasi serupa dari pusat dan pemprov. ‘’Maksud dan tujuan SE itu adalah sebagai petunjuk penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penularan dan persebaran Covid-19 pada pelaksanaan salat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban di Kabupaten Madiun,’’ terang Mashudi.

Selain imbauan untuk melaksanakan salat Id di rumah masing-masing, SE juga menyebutkan bahwa kegiatan takbir keliling ditiadakan. Namun, takbiran di masjid dapat dilakukan dengan audiovisual dan tidak mengundang jamaah. ‘’Sesuai SE, kegiatan-kegiatan itu bisa dilakukan di rumah masing-masing,’’ tegasnya. (den/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button