AdvertorialMagetan

Tak Lagi Patok Kecil, tapi Tugu Ikonik

Ungkap Sejarah Bumi Ki Mageti dan Daftar Para Bupati

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Mencari titik nol kilometer Kabupaten Magetan kini tak perlu susah-susah lagi. Titik pusat itu tak lagi berwujud patok kecil. Melainkan sudah dibangun megah menjadi tugu yang ikonik. Lokasinya di depan SMPN 3 Magetan. Tugu setinggi tiga meter itu dilengkapi dengan dua lingkaran yang membentuk bulat dan bisa berputar. Tak hanya tugu, namun dilengkapi dengan sejarah singkat berdirinya Kabupaten Magetan lengkap dengan nama-nama Bupati Magetan dari masa ke masa.

Bupati Magetan Suprawoto mengatakan, tugu itu sebagai penanda keberadaan Kabupaten Magetan. Atau dengan kata lain sebagai ciri lahirnya suatu kota. Meski dibangun yang lebih megah, patok penanda nol kilometer tetap dipertahankan di sisi depan tugu. Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Magetan sengaja tak membongkarnya. ‘’Tugu ini sebagai tanda, ciri lahirnya Magetan,’’ ujarnya.

MERAKYAT : Bupati Magetan Suprawoto saat berswafoto bersama siswa SMPN 3 Magetan.

Kang Woto -sapaan bupati Magetan- meminta semua masyarakat menjaga tugu ikonik tersebut. Dia tak ingin ada oknum yang tak bertanggung jawab mencoret-coret tugu tersebut. Sehingga, keindahan tugu yang syarat dengan nilai sejarah itu menjadi berkurang. Menurutnya menjaga dan merawat tugu yang diresmikan pada 15 Januari itu bukan semata-mata tugas pemkab Magetan, melainkan semua masyarakat Magetan. ‘’Jangan mencoret-coret dan harus saling mengingatkan,’’ pintanya.

Selain sebagai penanda titik pusat Kabupaten Magetan, tugu itu juga menjadi spot selfie baru. Sejak selesai dibangun pada akhir tahun lalu, masyarakat tak ingin melewatkan berswafoto di berbagai sudut tugu. Apalagi, saat malam hari tugu itu dilengkapi dengan lampu yang bisa berganti warna secara berkala. Sangat pas menikmati suasana kota Magetan. ‘’Mari kita jaga bersama untuk menjadikan Magetan sebagai kota yang bersih dan indah. Sehingga setiap orang akan terkesan ketika masuk Magetan,’’ ucapnya. (humpro/bel/odi/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close