Laka LantasNgawi

Tak Kuat Nanjak, Truk Jagung Terjun ke Jurang

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Niat Budiono, 54, mengantar jagung ke Kota Blitar urung terwujud. Itu setelah truk yang dikemudikannya terjun ke jurang kawasan Waduk Pondok, Bringin, Ngawi, sekitar pukul 23.45 Senin malam (25/11).

Selain kendaraannya rusak berat, pria itu harus dilarikan ke rumah sakit akibat luka yang dideritanya. ‘’Kejadiannya malam hari. Saya mau tidur, lalu dengar suara benturan keras,’’ ujar Satiman, salah seorang warga setempat, kemarin (26/11).

Insiden tersebut bermula saat Budiono hendak ke Kota Blitar mengantar tujuh ton jagung dengan truk nopol AD 1614 OD. Sampai di sebuah tanjakan masuk Dusun Gowa, Gandong, Bringin, truk tampak ’’ngos-ngosan’’ dan melaju terlampau pelan.  

Mengetahui hal itu, Mulyono kernetnya lantas turun dan berinisiatif meletakkan batu di belakang roda kendaraan. Namun, belum selesai dilakukan, kendaraan justru nyelonong mundur ke sisi kiri jalan hingga terjun ke jurang sedalam 10 meter, tepat di ladang jagung warga. ‘’Langsung mundur terus karena di sini tidak ada pohon penahannya,’’ imbuh Satiman.

Warga yang mendengar kejadian tersebut langsung berdatangan ke lokasi dan membawa sopir ke Puskemas Bringin untuk mendapat perawatan. Korban mengalami luka di kepala dan babras di tangan kiri usai terjun bersama truknya. ‘’Tapi akhirnya dirujuk ke rumah sakit karena kepalanya harus dijahit,’’ ungkapnya.

Truk baru dievakuasi kemarin pagi. Warga bahu-membahu mendorong kendaraan yang posisinya terbalik itu. Lalu menunggu derek untuk menarik truk ke jalan. Mereka juga mengumpulkan jagung yang berceceran di sekitar truk untuk dipindah ke kendaraan lain. ‘’Untungnya sopir pakai sabuk pengaman, kalau tidak mungkin lebih parah lukanya,’’ kata Satiman.

Kanit Laka Lantas Polres Ngawi Iptu Cipto Utoyo berharap warga lebih berhati-hati saat melintas di tanjakan. Juga memastikan kondisi kendaraan prima sebelum memulai perjalanan. ‘’Baik di jalur umum maupun tol selalu berhati-hati karena beberapa titik rawan terjadi kecelakaan,’’ tuturnya. (gen/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button