Pacitan

Tak Ada Toleransi, Jalan Tikus pun Diblokir

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Tidak hanya Ponorogo, Pacitan juga mengetati pintu masuk perbatasan wilayahnya. Khususnya, dari arah Jawa Tengah (Jateng). Aparat kepolisian tegas ”memaksa” mereka putar balik jika ketahuan hendak mudik. ‘’Kebijakan pemerintah sudah jelas, kita tidak menoleransi para pemudik ke Pacitan lewat jalur mana pun,’’ kata Kapolres Pacitan AKBP Didik Hariyanto Senin (27/4).

Perbatasan Glonggong di jalur Wonogiri (Jateng)-Pacitan (Jatim), misalnya. Minggu lalu (26/4) didapati masih ada bus masuk ke Pacitan. Bus asal Jawa Tengah tersebut langsung diminta putar balik. Termasuk 30-an penumpung yang mayoritas hendak mudik ke Jatim.  Bahkan, beberapa jalur tikus pun dijaga aparat keamanan. ‘’Petugas kami tempatkan di semua titik,’’ ungkapnya.

Menurut Didik, belakangan animo warga pulang kampung menurun. Pun tak didapati bus-bus besar masuk Pacitan seperti beberapa pekan sebelumnya. Namun, penyekatan dari arah Jawa Tengah terus dilakukan. Termasuk, posko Cemeng di jalur alternatif Pacitan-Jogjakarta. Pihaknya mendirikan beberapa check point. ‘’Kami pastikan tidak ada (pemudik) yang lolos. Semua pos siaga 24 jam penuh,’’ tegasnya.

Tak hanya kendaraan umum, polisi pun memergoki beberapa kendaraan pribadi roda empat dari arah barat. Empat mobil dari arah Solo dan Jakarta dihentikan di perbatasan Cemeng. Langsung diminta balik kanan. ‘’Saya harap upaya ini menyadarkan kita semua terutama perantau untuk tidak mudik. Lewat mana pun pasti tidak lolos karena semua akses kami blokir,’’ imbuh Kasatlantas Polres Pacitan AKP Miftahul Amin.

Amin berharap, kebijakan pemerintah tersebut dipatuhi warga. Pun, sabar dan ikhlas untuk tidak pulang dari rantau. Terlebih, tujuannya mencegah penyebaran Covid-19. ‘’Semoga pandemi ini lekas berakhir dan semuanya bisa normal,’’ harapnya.

Sementara itu, Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Pacitan mencatat sepekan terakhir jumlah warga yang datang ke Pacitan menurun. Sehingga, pemantauan jumlah orang dengan risiko (ODR) di Pacitan lebih mudah. (gen/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button