Madiun

Tak Ada Takbir Keliling dan Salat Idul Adha

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Takbiran keliling dan salat Idul Adha di masjid maupun lapangan tahun ini ditiadakan. Itu sebagai upaya antisipasi ledakan kasus pasca-Idul Adha. Dasarnya, Surat Edaran (SE) Wali Kota Madiun 451/248/401.012/2021 tertanggal 12 Juli 2021. Pun, hasil evaluasi sementara PPKM darurat, mobilitas masyarakat di kota ini masih di level merah.

Namun, kata Wakil Wali Kota Madiun Inda Raya (IR) AMS, takbiran di masjid tetap diperbolehkan. Namun, hanya dengan audio alias tidak mengundang jamaah. Sedangkan takbir keliling arak-arakan dengan kendaraan maupun jalan kaki dilarang. ‘’Mohon maaf, terpaksa takbir keliling dan salat Idul Adha ditiadakan. Kami mohon pengertian dan kesadaran warga untuk patuh aturan,’’ kata IR, Jumat (16/7).

IR menyampaikan, salat Idul Adha dapat dilakukan di rumah masing-masing sesuai dengan rukun sahnya. Itu dilakukan demi menghindari kerumunan. Serta ledakan kasus setelahnya. ‘’Untuk penyembelihan hewan kurban tetap normal dengan prokes ketat, tidak ada kerumunan, dan pembagian door-to-door oleh petugas,’’ lanjutnya. (kid/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button