Madiun

Tak Ada Sekolah Hari Ini

MPLS dan Pembelajaran Cukup Daring

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Tak ada sekolah hari ini. Tahun ajaran baru 2020/2021 tak memungkinkan dimulai sesuai yang dijadwalkan hari Senin (13/7). Bahkan, masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) tak dilangsungkan secara tatap muka.

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur memberi petunjuk teknis terkait pelaksanaan MPLS. Bisa dilakukan secara daring (dalam jaringan) atau luring (luar jaringan). ‘’Melihat perkembangan situasi terkait Covid-19, MPLS luring tak perlu dipaksakan,’’ kata Kepala Cabang Dinas Pendidikan Madiun Supardi Minggu (12/7).

Supardi menjelaskan, ada beberapa syarat yang tidak terpenuhi bagi Kota Madiun untuk melakukan MPLS luring. Salah satunya, status kerawanan yang masih oranye. Sehingga tidak perlu melakukan kegiatan yang berpotensi mengumpulkan banyak orang. Jika tetap dilangsungkan, harus mengantongi surat rekomendasi dari TGTPP Covid-19 Kota Madiun. ‘’Tiap sekolah juga harus menyiapkan fasilitas protokol kesehatan,’’ ujarnya.

Dalam situasi seperti ini, Cabdindik Madiun mencoba mencarikan jalan tengah. Peserta didik tetap diberi kesempatan untuk mengunjungi sekolah. Minimal sekali dengan batasan waktu maksimal 4 jam. ‘’Materi MPLS cukup disampaikan via daring. Masing-masing sekolah kegiatannya berbeda. Ada yang tiga hari, ada yang empat hari,’’ urainya.

Kebijakan serupa juga diterapkan di jenjang SMP dan SD. Hanya, pembukaannya hari ini bakal diikuti 200 peserta didik baru di Taman Ngrowo. Mewakili seluruh peserta didik dua jenjang di kota ini secara keseluruhan. ‘’Nanti disiarkan secara live sehingga bisa diikuti peserta didik lain dari rumahnya masing-masing,’’ imbuh Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Madiun Sri Marhaendra Datta.

Pembelajaran di tahun ajaran baru ini juga bakal dilangsungkan secara daring. Sistem pembelajaran tatap muka belum bisa dilakukan selama syarat yang ditentukan belum dapat terpenuhi. ‘’Kita juga masih menanti perkembangan situasi,’’ ujarnya. (mg3/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close