AdvertorialMagetan

Tahun Depan Diskominfo Magetan Siapkan Creative Corner

MELEK TEKNOLOGI, CAKAP KELOLA INFORMASI

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Masyarakat Magetan melek teknologi. Pelatihan di bidang teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK) yang diselenggarakan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Magetan membeludak.

Hitungan jam setelah pendaftaran dibuka online, tak kurang dari 75 generasi milenial mendaftar. Sayang, baru 15 peserta yang bisa tertampung. ‘’Karena keterbatasan sarpras dan SDM,’’ kata Kepala Diskominfo Magetan Saif Muchlissun.

ANIMO TINGGI: Para peserta pelatihan saat mengikuti workshop di kantor Diskominfo Magetan.

Pelatihan sejak awal Desember lalu tak dipungut biaya sama sekali. Diskominfo menempatkan peserta di ruang yang longgar. Peserta yang didominasi generasi muda pegiat UMKM itu pun membawa laptop sendiri. Pengajarnya para programer dan personel IT Diskominfo Magetan. ‘’Animonya ternyata sangat luar biasa,’’ ujarnya.

Diskominfo menyiapkan Ruang PPID yang sudah selesai direnovasi. Ruang itu bisa difungsikan sebagai creative corner untuk menampung para peserta pelatihan. Diskominfo juga mendapatkan hibah peralatan pilkades e-voting dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Magetan. ‘’Kami juga bekerja sama dengan relawan TIK Magetan untuk menularkan ilmunya kepada peserta,’’ tuturnya.

Pelatihan itu berangkat dari pelaksanaan Jatim Kominfo Festival (JKF) 2019, Oktober lalu. Di mana BPPTIK Kemenkominfo mengadakan pelatihan teknis di bidang TIK di Magetan. Dari 75 peserta yang ikut, hanya 12 peserta yang lolos dan mendapatkan sertifikat dari lembaga sertifikasi nasional. Bahkan, pada bidang programer dan jaringan, masing-masing hanya satu peserta yang lolos. Sedangkan pada bidang IT ada 10 peserta. ‘’Nah, kami ingin agar SDM Magetan bisa meningkat kualitasnya,’’ ungkap Muchlis.

Dia juga menyambangi creative hub Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogjakarta. Di sana, tim teknis Diskominfo Magetan belajar tentang keberadaan dan fungsi gedung creative hub. Pulang dari kota pelajar, Muchlis langsung merenovasi ruang PPID. Agar ruangan tepat di samping pintu masuk kantor Diskominfo Magetan itu bisa difungsikan sebagai creative corner. ‘’Kami memang belum sempurna. Tapi bukan berarti kami tidak bergerak. Dimulai saja dulu,’’ pungkasnya. (bel/c1/fin/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close