Tahapan Awal Dalam Pembuatan Alat Penjernih Air Adalah – PEMBERITAHUAN PENTING Pemeliharaan server (GMT) 02.00 – 08.00 dijadwalkan pada hari Minggu 26 Juni. Website akan ditutup dalam waktu yang ditentukan!
Modul Ajar Program Penyaringan Air Modul Informasi Umum Penulisan : 1. Sutini, S.Pd (Mapel IPA) 2. Muslinar, SE (Mapel IPS) 3. Nurainas, S.Ag (Mapel PAI) 4. Meita (Mapel PAI) 5 . Arlina, S.Pd (Mapel Seni Budaya) 6. Tirsan Mouri S, S.Pd.K (Mapel PAK) 7. Abdul Wahab, S.Pd (Mapel Indonesia) 8. Azman, S.Pd (Mapel Bahasa Inggris ) Sarana dan Prasarana : Media : Google Classroom, Google Meet, Google Form, YouTube, dan WAG Alat : Laptop, HP Bahan : Buku Siswa, Siswa Sasaran LKPD Proyek Pembelajaran Siswa Pembuatan Filter Air Bersih Topik dan Relevansi Topik Proyek Sekolah Bertema rekayasa ilmu pengetahuan dan teknologi, membangun negara kesatuan NKRI, konsep rekayasa dan etika alam dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan sekolah yaitu tentang air bersih, sehingga perlu dibuatnya pembuatan penyaring air untuk memenuhi kebutuhan sekolah. kebutuhan air bersih Komponen Inti Pengenalan Proyek Air adalah sumber kehidupan. Untuk mencari solusi permasalahan air bersih, maka didirikanlah proyek Stasiun Penyaringan Air Bersih yang berlandaskan unsur profil pelajar Pancasila, yaitu pemahaman diri dan konteks, pertimbangan, kerjasama dan etika terhadap alam.
Tahapan Awal Dalam Pembuatan Alat Penjernih Air Adalah
Langkah-langkah yang dilakukan untuk menyelesaikan proyek penyaringan air bersih ini adalah. 1. Mengidentifikasi permasalahan air di lingkungan sekolah 2. Menyusun rumusan masalah berdasarkan permasalahan yang teridentifikasi dan memikirkan cara mengatasinya. 3. Menganalisis berbagai jenis penjernihan air dari keterampilan digital dan buku 4. Menemukan alat penyaring air sederhana 5. Merancang alat penyaring air sederhana 6. Membuat alat penyaring air sederhana 7. Menguji proses pembuatan alat penyaring air sederhana Hasil Dimensi dan Subdimensi Profil Siswa PANCASILA Unsur-unsur yang Berkaitan Tahap D Topik: Rekayasa Iptek untuk Pembangunan Negara Kesatuan Republik Indonesia Topik: Melaksanakan Penyaringan Air Bersih Total Waktu: Dimensi , 2 orang Siswa Pancasila pada akhir Pancasila D tahap 11 , 17 Iman dan Akhlak Pancasila untuk memahami Memahami konsep ketakwaan terhadap alam Tuhan dan hubungan sebab akibat antara berbagai ciptaan Tuhan Yang Maha Esa dan ekosistem bumi serta mengenal berbagai keluhuran Akhlak merupakan sebab yang langsung maupun tidak langsung mempengaruhi alam semesta untuk baik atau buruk. Peliharalah rasa penghargaan terhadap lingkungan alam, proaktif atasi permasalahan lingkungan alam sekitar, ajukan alternatif dan mulai terapkan
Penjernih Air Dari Bahan Buatan: Alat, Teknik, & Cara Pembuatan
Keberagaman Delta Delta Delta 2, 3, 4, 6, 7, 8, Proses Penentuan Global 9, 10, 11, 12, Penetapan Standar dan Pendekatan Pengambilan Keputusan Bersama 13 Keputusan Konsensus yang Saling Kolaboratif 10, 11.12 Penalaran Kritis Pilihan Kolaboratif Kolaboratif 10 , 12, 14, 15 keputusan mendapatkan koordinasi sosial manfaat 1, 4 dan memproses informasi bersama melalui 5, 6, 7, 13, 14 dan menyajikan proses pertukaran pandangan yang hati-hati dan identifikasi masalah terbuka serta klarifikasi panduan Menerapkan informasi dan ide dari diri sendiri tindakan sendiri terhadap tindakan orang lain untuk melakukan aktivitas di lingkungan sekitar dan mencapai tujuan kelompok, serta mendorong orang lain agar bekerja secara efektif dan mencapai tujuan bersama. Berbagi peran dan mengoordinasikan tindakan dalam kelompok dan menyelaraskan tindakan untuk mencapai tujuan bersama Mengidentifikasi, memperjelas, dan menganalisis informasi yang relevan dan memprioritaskan ide-ide tertentu. Tunjukkan penalaran melalui berbagai argumen untuk mencapai kesimpulan
Eksplorasi Produk Kreatif atau Pengambilan Keputusan 4, 7, 10 Karya dan dan Mampu menyusun portofolio ekspresi tindakan orisinal sebagai bahan evaluasi pemikiran dan/tindakan suatu proyek manufaktur dan menilai dampak penyaringan air terhadap tujuan khusus kebersihan lainnya pada Tahap 1. Identifikasi permasalahan air di sekitar Anda, cara mengatasinya, dan alat yang digunakan untuk mengatasinya. 2. Menganalisis peralatan penyaringan air, memperhatikan bahan, peralatan, metode pembuatan dan penggunaan peralatan pemurnian. 3. Carilah alat penyaring air yang sederhana 4. Jelaskan langkah-langkah pembuatan penyaring air berdasarkan potensi yang terdapat di lingkungan sekitar 5. Rancanglah penyaring air secara inovatif dan kreatif sesuai kebutuhan 6. Siapkan bahan-bahan untuk membuat penyaring air di sekitar dapat ditemukan. 7. Menyiapkan peralatan pembuatan unit penyaringan air dengan menggunakan peralatan yang ada. 8. Sesuai alur kegiatan proyek secara umum, secara kreatif dan inovatif membuat tahap impor alat penyaring air // 1. Kesadaran akan aliran waktu dan jam 2. Kesadaran akan pentingnya air bersih 2. Kesadaran akan hidup dan kesehatan jiwa 2. Diskusi tentang teknologi penggalian dan informasi teknologi pengendalian air
3. Refleksi awal2 2 4. Carilah metode2 penyaringan air yang sederhana2 5. Diskusikan secara kritis desain2 lakukan penyaringan2 penjernihan air dan susun 2 langkah program 6. kumpulkan/kontekstualisasikan//siapkan alat dan bahan secara sederhana Penyaringan Situasi Pembersihan Penyaringan air secara berkelompok bahan 7. Pengelompokan membuat filter sederhana dari alam 8. Mengolah data hasil pembuatan filter sederhana 9. Evaluasi formatif menyajikan hasil alat filtrasi sederhana 10. Membuat surat pernyataan pembuatan laporan penyaringan air bersih dan membuat rekomendasi
4. Tahap refleksi dan pembuatan skala besar 2 Tindak lanjut kebutuhan air 6 Membersihkan warga sekolah 6 2 11. Merancang filter air curah 2 2 12. Mengumpulkan/menyiapkan alat dan bahan penyaringan air 13. Pembuatan massal filter air Warga sekolah berkontribusi dalam pembersihan air 14. Penilaian formatif untuk menguji hasil air yang disaring apakah memenuhi syarat air bersih bagi warga sekolah untuk menggunakan evaluasi program
Penjernihan Air Secara Kimia Methode Koagulasi Flokulasi
Air Bersih 2 17. Mari Berpikir dan Bertindak Meringkas laporan siswa dan menggunakan hasil evaluasi Proyek Penyaringan Air Bersih, kemudian membagikan lembar refleksi akhir
1. Tahap perkenalan (10×40′) 1. Mengenalkan permasalahan kebutuhan air sebagai sumber kehidupan dengan mengidentifikasi air dalam air 2. Mengeksplorasi permasalahan dengan mengumpulkan informasi tentang teknologi dan lingkungan Teknik pengelolaan air untuk rumah dan sekolah 5. Diskusi Kritis tentang rancangan 3. Renungan untuk memulai membuat penyaring air dan menyiapkan jadwalnya 4. Mencari cara mudah untuk menyaring air 2. Fase Situasional (8 x 40′) Fase Situasionalisasi. Kontekstualisasikan masalah selama fase kontekstualisasi langsung. Meletakkan Pertanyaan dalam Konteks Langsung 6. Alat Pengumpul/Persiapan 7. Penyaringan dalam Kelompok Sederhana Penyaringan Sederhana dalam Kelompok Kecil 9. Alat Penilaian Formatif 8. Pengolahan Data Hasil Eksekusi Menyajikan Hasil Penyaringan Sederhana Penyaringan Sederhana
3. Tahapan tindakan praktek (22 x 40′) 10. Membuat laporan produksi 11. Merancang filter penjernihan air dan pembuatan filter air secara massal Untuk kebutuhan penjernihan air anak sekolah disarankan untuk diproduksi secara massal 12. Mengumpulkan/menyiapkan alat dan bahan filtrasi Air 14 Penilaian formatif 13. Membuat filter air untuk menguji hasil penyaringan air dalam jumlah besar untuk melihat apakah sudah memenuhi standar air bersih bagi warga. Kebutuhan air bersih untuk anak sekolah 4. Tahap refleksi dan tindak lanjut (6 x 40 ‘) 15. Evaluasi Penyusunan Somatik Laporan Pembuatan Filter Penjernihan Air Disiapkan Selama 1 Semester 1. Latar Belakang Pembuatan Peralatan Filter Penjernihan Air 2. Pembuatan Perencanaan Proyek Filter Penjernihan Air 3. Undang-undang Kelompok Pembuatan Filter Penjernihan Air Disiapkan untuk 1 Term 4: Dokumentasi untuk pembuatan filter air bersih untuk satu periode
16. Penilaian Fisika Evaluasi solusi pembuatan filter penjernih air 17. Mari bertindak sambil refleksi. Meringkas laporan siswa dan menerapkan hasil evaluasi pada proyek pembuatan filter penjernih air. Kemudian bagikan lembar refleksi akhir Penilaian Penilaian Formatif Penilaian Somatik Refleksi Siswa Lembar Observasi Guru Pertanyaan yang Diajak Bagaimana keadaan air di lingkungan rumah anda? Apa jadinya jika air kotor digunakan untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari? Bisakah air dimurnikan? Pengayaan dan Remediasi a.Dukungan ❖ Dapat memberikan dukungan kepada siswa yang belum mencapai tujuan pembelajaran b. Pengayaan ❖ Pengayaan untuk memperluas pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran dan dapat diberikan kepada siswa yang telah mencapai tujuan pembelajaran ❖ Berdasarkan kebutuhan program. Pengembangan lebih luas dari TP atau bahan pelajaran
Matrikulasi Sbdp Kelas Viii
Refleksi Siswa dan Pendidik A. Bentuk Refleksi Siswa Bentuk Refleksi Siswa Yang Dahulu Tidak Saya Ketahui, Sekarang Saya Tahu Yang Sebelumnya Tidak Saya Lakukan, Sekarang Saya Tahu
Pengalaman baru yang sebelumnya tidak saya alami dan sekarang saya almai Hal-hal yang sudah saya ketahui dan sekarang saya lebih tahu Pengalaman baru yang tidak saya alami sebelumnya dan sekarang saya miliki
Formulir Observasi Guru Guru dapat menggunakan formulir ini pada saat diskusi kritis terbimbing (Seminar Socrates) untuk melihat sejauh mana pemahaman siswa terhadap konsep yang dipelajari selama ini. Nama Tanya Tanya Jelaskan Dengar Lakukan Catat hasil berdasarkan tindakan/observasi bersama Siswa akan bertindak seperti teman untuk bertanya tentang data/ide penelitian dan memecah untuk memberikan ide untuk fokus dan elaborasi
Nama-nama Anggota Tim Lembar Kerja Siswa : 1. …………………………………. ……. ………… …………………………… ……………. ……… ……………. 2. …… ……………. ……………… ………………………………………… 3. ………………………………… ……………………………. ………… 4. .. ………………………………………………………………………………………………………… …………. 5. …………………………….. …………………………………………. …………………………….. ………………. ……………. a. Tujuan 1. Menemukan alat penyaring air sederhana 2. Merancang Alat penyaring air sesuai kebutuhan dengan cara yang inovatif dan kreatif Peralatan …………… …………….. Suku Cadang Peralatan (Sumur Air) Penyaringan Air : 1. ………………………………… Bahan
Pdf) Penerapan Teknologi Penjernih Air Pada Kelompok Usaha Tahu Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Tahu Di Kota Bengkulu
Cara pembuatan alat penjernih air, pembuatan alat penjernih air, yang harus diperhatikan lebih awal dalam pembuatan jus buah adalah, sebutkan dua tahapan dalam alat penjernih air sederhana, cara pembuatan alat penjernih air sederhana, pembuatan alat penjernih air buatan, tahapan pembuatan alat penjernih air, tahapan pembuatan penjernih air dari bahan alami, pembuatan alat penjernih air alami, pembuatan alat penjernih air sederhana, pembuatan penjernih air, teknik pembuatan alat penjernih air dengan bahan alami