Ponorogo

Tabung Ratusan Juta Demi Masa Depan Bangsa

PONOROGO – Ratusan anak dari tujuh kecamatan pecah celengan. Mulai Sukorejo, Badegan, Jambon, Kauman, Balong, Bungkal, hingga Jenangan. Memeriahkan Festival Pecah Celengan di Desa Bringinan, Jambon, kemarin (1/5).

Tak kurang dari 450-an anak berdatangan membawa kotak celengan. Festival yang digelar kali pertama sejak 2004 itu sangat menarik perhatian. Kegiatan yang diselenggarakan di rumah baca desa setempat dimulai sejak pagi hingga sore. Anak-anak sabar mengantre celengannya dibuka dan dihitung bersama panitia. Seluruh uang tabungan yang terkumpul mencapai ratusan juta.

Celengan yang dipecah merupakan tabungan selama satu tahun. Usai lebaran tahun lalu, celengan berupa kotak dari kayu dibagikan. Yang disebar mencapai 550 kotak. Selanjutnya anak diajarkan menyisihkan uang jajan untuk ditabung. ‘’Baru tahun ini mulai mengajak anak terbiasa menabung,’’ kata Mini, 35, warga setempat.

Hasil tabungan digunakan membeli perlengkapan sekolah. Mulai seragam, sepatu, buku, dan alat tulis lainnya. Juga, dapat digunakan untuk membeli baju lebaran. ‘’Intinya tabungan balik lagi untuk keperluan anak-anak,’’ ungkapnya.

Festival ini sukses merangsang anak menabung demi masa depan. Seperti Ima Salsabila misalnya. Bocah kelas 2 SD asal desa setempat itu telah mengikuti festival sejak masih duduk di bangku TK. Hingga kini tanpa disuruh orang tua, dia rutin menyisihkan uang jajan dimasukan ke celengan. ‘’Iya sudah empat tahunan, nggak disuruh orang tua,’’ kata Ima. (mg7/fin) 

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close