Magetan

Tabir Misteri Arca Dewi Sri, Diduga Situs di Sarangan

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Lereng Gunung Lawu menyimpan tabir misteri sejarah. Salah satunya keberadaan sebuah arca Dewi Sri di Kelurahan Sarangan, Plaosan, Magetan. Benda yang diduga situs purbakala itu berada di kebun pembibitan hortikultura tak jauh dari Telaga Sarangan. ‘’Arca ditemukan 2017 lalu,’’ kata Ketua Komunitas Wukir Mahendra Jojo Priyono Senin (23/9).

Jojo menyebut, arca telah ditinjau dinas pariwisata dan kebudayaan (disparbud). Organisasi perangkat daerah (OPD) itu juga telah mendaftarkannya ke Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan. Akan tetapi, masih diselimuti misteri jejak sejarahnya. Misalnya, kepastian lokasi arca di kebun itu atau seseorang memindahkannya dari tempat lain. Sebab, sekilas dua buah arca di kanan-kiri Dewi Sri terlihat tidak asli. ‘’Berlapis semen dan ada besinya, kemungkinan dulu sempat dipakai sebuah hotel untuk air mancur,’’ ujarnya.

Ukuran arca Dewi Sri di Sarangan lebih besar ketimbang arca Dewi Sri di Desa Simbatan Wetan, Nguntoronadi. Jojo menengarai ada kolam pemandian di sekitar Sarangan. ‘’Juga seharusnya ada arca Dewi Laksmi,’’ tuturnya.

Meski belum diakui sebagai cagar budaya oleh BPCB, komunitas sejarah dan budaya ini berharap arca bisa dijaga. Pemkab bisa membuat pagar untuk menghindarkan dari tangan–tangan jahil. ‘’Semoga arca ini bisa dirawat dengan baik,’’ harapnya.

Menurut Jojo, arca bisa melengkapi objek wisata di Sarangan. Sehingga para pelancong tidak hanya mendapatkan wisata alam, tapi juga wisata edukasi dan sejarah. ‘’Tergantung dinas dikemas seperti apa,’’ katanya. (fat/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button