Madiun

Swastanisasi TPA Winongo Dipertimbangkan

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Swastanisasi pengelolaan tempat pembuangan akhir (TPA) Winongo masih menggantung. Hingga kini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Madiun belum memberikan sinyal positif terkait rencana kerja sama dengan pihak ketiga untuk pengelolaan sampah tersebut.

Meski begitu komunikasi dengan PT Alam Semesta Baru Raya soal pinangan pengelolaan TPA Winongo selama 25 tahun ke depan terus berlanjut. Apalagi, modal yang akan ditanamkan investor dari Jakarta itu mencapai Rp 350 miliar pada lima tahun pertama kerja sama.

Hanya, pihak DLH belum berani menyampaikan informasi terkait kelanjutan rencana swastanisasi tersebut. ‘’Karena selama ini kami masih melaksanakan kegiatan berdasarkan APBD,’’ kata Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah DLH Kota Madiun Heri Martono kemarin (5/11).

Dalam pembicaraan tahap awal, rencana kerja sama diusulkan melalui mekanisme build operate transfer (BOT). Ketentuannya, lima  hektare dari total 6,4 hektare lahan di TPA Winongo dikelola sepenuhnya PT Alam Semesta Baru Raya. Mereka juga minta jaminan pemkot untuk kebutuhan sampah sekitar 70–90 ton setiap hari.

Saat pembahasan 16 September lalu, sempat tersirat perjanjian kerja sama BOT selama 25 tahun. Syaratnya, modal yang ditanam bakal berkembang setiap lima tahun. Lima tahun pertama Rp 350 miliar, meningkat jadi Rp 402 miliar tahun ke-10. Tahun ke-15, investasinya bertambah jadi Rp 513 miliar dan Rp 655 miliar pada tahun ke-20. Serta, pada lima tahun terakhir kerja sama dana yang digelontorkan mencapai kisaran Rp 800 miliar.

Sekalipun sudah ada paparan ketentuan kerja sama, Heri belum bisa berbicara banyak. Ada beberapa hal yang perlu jadi dipertimbangkan. ‘’Masih dijajaki kemungkinan pengelolaan TPA yang terbaik untuk ke depannya,’’ ujarnya.

Menurut Heri, kondisi TPA Winongo sudah overload. Sehingga, butuh perluasan lahan untuk menampung sampah. Hanya, rencana itu masih dalam tahap proses kajian. ‘’Nanti kalau sudah ada kepastian kami akan berikan informasi,’’ janjinya. (her/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button