Ngawi

Susuri Tol, Menteri ESDM Cek SPBU Ngale

NGAWI – Pasokan BBM di sepanjang jalur Tol Trans Jawa menjadi perhatian serius PT Pertamina. Mereka memastikan kebutuhan BBM dalam kondisi cukup saat menghadapi arus mudik dan balik Lebaran mendatang. ’’Kami telah sediakan 112 titik layanan BBM di sepanjang jalur tol. Baik dengan adanya SPBU regular maupun modular,’’ kata VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman.

Persiapan menghadapi arus mudik dan balik di jalur tol itu sempat ditinjau langsung oleh Menteri ESDM Ignasius Jonan dan Dirut Pertamina Nicke Widyawati, 11 Mei lalu. Persisnya di SPBU KM 575B Ngawi dan SPBU KM 519B Solo. Kedua SPBU tersebut sudah beroperasi dan dapat melayani kebutuhan BBM masyarakat yang melintasi jalur Tol Trans Jawa.

Usman menjelaskan titik layanan itu terdiri dari 44 SPBU, 25 mobile dipenser sejenis mobil tangki yang dilengkapi flowmeter dan 43 kios Pertamina siaga. Selain itu, pelayanan juga ditambah dengan 50 unit motorist BBM atau motor pengantar BBM. ’’Serta, jaminan stok BBM di SPBU diperkuat dengan adanya 19 titik kantong BBM,’’ jelasnya.

Pada arus mudik dan balik Lebaran 2019, Usman mengungkapkan pihaknya berusaha maksimal untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik. ‘’Diharapkan dengan adanya titik pelayanan BBM ini dapat memberikan rasa tenang dan aman kepada pemudik,’’ ujarnya.

Lebih lanjut, dia menambahkan pihaknya juga akan menyiapkan 9 titik rumah Pertamina Siaga di sepanjang jalur Tol Trans Jawa sebagai tempat istirahat bagi pemudik yang merasa lelah. Dalam Serambi Pertamax ini akan disediakan layanan pijat, tempat bermain anak, dan lainnya untuk melepas Lelah. ’’Mengingat keselamatan berkendara adalah yang utama, maka kami menyarankan pemudik untuk beristirahat cukup di sela-sela perjalanan jauhnya,’’ terangnya.

Bagaimana khusus dengan jalur tol di wilayah Jawa Timur? Usman mengatakan, pihaknya akan menyiapkan 11 SPBU dan 1 kios Pertamina Siaga di jalur tol sepanjang Surabaya–Solo. Sementara di jalur tol Surabaya–Malang dan Surabaya–Probolinggo, juga akan disiapkan 7 SPBU dan 1 kios Pertamina Siaga. ‘’Salah satu SPBU yang disiapkan adalah SPBU 51.632.21 di rest area Ruas Tol Trans Jawa KM 575B (Madiun-Ngawi), dan SPBU di jalur arah keluar Surabaya, yang telah beroperasi sejak 10 Mei lalu,’’ bebernya.

Untuk SPBU di Desa Ngale, Kecamatan Paron, Ngawi, kata Usman, berada di area seluas 2.000 meter persegi. Saat ini SPBU disiapkan untuk melayani penjualan produk Pertamax Turbo, Pertamax, Pertalite, Biosolar, Dexlite, dan Pertamina Dex, dengan kapasitas tangki timbun total 434 KL. (her/ota)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close