Pacitan

Suspect Korona, Dirujuk ke Tulungagung

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Pemkab Pacitan merujuk seorang pasien ke RSUD dr Iskak, Tulungagung, Jumat (13/3). Perempuan 44 tahun yang sebelumnya dirawat di RSUD dr Darsono itu suspect Covid-19. Statusnya orang dengan pemantauan (ODP). ‘’Sesuai arahan Kementerian Kesehatan dirujuk ke Tulungagung pukul 17.30 (tadi malam, Red). Karena pertimbangan jarak yang lebih dekat,’’ kata Royani, dokter spesialis paru RSUD dr Darsono.

Royani mengungkapkan, pasien itu punya riwayat perjalanan dari Hongkong. Negara yang juga terjangkit korona. Sebelum tiba di Pacitan Senin lalu (2/3), pasien sempat transit di Singapura.  Ketika diperiksa di tempatnya, pasien itu mengeluh demam tinggi, batuk, dan pilek. Hasil foto thorax ditemukan infeksi pada saluran tenggorokan. ‘’Kalau tidak positif, nantinya dipulangkan ke Pacitan,’’ ujarnya.

Dia meminta masyarakat tidak panik, tapi juga harus waspada. Menjaga kebersihan diri dan berperilaku hidup sehat. Unsur pemerintahan tingkat RT harus rajin melapor ketika ada warga pulang dari luar negeri. Khususnya negara terjangkit virus asal Wuhan, Tiongkok, tersebut.

Nantinya akan masuk orang dalam pengawasan (ODP) lewat proses karantina di rumah selama 14 hari. ‘’Bila muncul gejala mirip korona akan dirujuk untuk pemeriksaan foto thorax. Kami akan putuskan naik level ke PDP atau rawat jalan di rumah,’’ terangnya.

Netty Nurnaningtyas, dokter emergency RSUD dr Darsono, menambahkan, setiap orang yang pernah kontak dengan pasien suspect itu masuk ODP. ‘’Tidak bisa kami sebutkan satu per satu,’’ katanya. (odi/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button