Madiun

Surat Suara Pilpres Belum Diterima

MADIUN – Pemilu 2019 semakin dekat. Namun, logistik belum lengkap. Hingga kemarin (25/2) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Madiun belum menerima surat suara pemilu presiden (pilpres). ‘’Yang sudah kami terima surat suara DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten, dan DPD,’’ kata Ketua KPU Kabupaten Madiun Anwar Soleh Azarkoni.

Zarkoni mengungkapkan, surat suara tersebut mulai diterima Sabtu lalu (16/2). Pihaknya sebatas menerima tanpa mengetahui kapan pastinya surat suara pilpres bakal dikirim.  Jadwal pengiriman tanggung jawab KPU RI. Kalau sudah dikirim, pihaknya dikabari. ‘’Kami tidak tahu penjadwalannya,’’ ujarnya.

Saat ini surat suara yang telah diterima disimpan di Gedung Korpri Pemkab Madiun. Surat suara itu ditumpuk bersebelahan dengan kotak suara yang sudah dirakit. Jumlah surat suara jatah Kabupaten Madiun 583.500 lembar untuk setiap kategori. Jumlah itu sesuai daftar pemilih tetap hasil perbaikan kedua (DPTHP2) yakni 572.059 ditambah dua persen. Pihaknya sudah menerima empat kategori surat suara. Diperkirakan 2.334.000 lembar surat suara. ‘’Yang pertama dikirim Sabtu (16/2), kemudian Minggu (17/2), dilanjutkan Selasa (19/2), dan terakhir Sabtu (23/2),’’  urainya.

Pihaknya pun tetap mengantisipasi kerusakan selama penyimpanan. Sehingga melapisi kardus kemasan surat suara dengan kayu. Pengiriman dilakukan ekspedisi yang ditunjuk KPU RI. Zarkoni yakin pengiriman sesuai SOP. Sehingga, kemungkinan surat suara rusak sangat kecil. ‘’Sudah ada prosedur yang diberlakukan, jadi yakin aman,’’ ucapnya.

Dia tak tahu-menahu apakah surat suara dicetak di percetakan yang sama. Sebab, pencetakan hingga pendistribusian sepenuhnya di tangan KPU RI. Pihaknya juga belum menentukan jadwal pendistribusian surat suara ke-2.565 tempat pemunguatan suara (TPS) se-Kabupaten Madiun. ‘’Tunggu semua diterima dulu,’’ jelasnya.

Pihaknya bakal melakukan pengecekan, penyortiran, dan pelipatan lebih dulu. Sehingga, saat ini belum diketahui jumlah surat suara yang rusak. Surat suara yang rusak dalam perjalanan saat pengiriman bakal dikembalikan untuk diganti. ‘’Tidak ada yang rusak. Semua yang dikirim dalam keadaan baik,’’ klaimnya. (mg4/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close