Madiun

Suran Agung Santun, Tertib, Saling Menghormati

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun Dian Juang Nan Tak Kunjung Padam. Puisi yang dibacakan salah seorang pendekar Persaudaraan Setia Hati Winongo Tunas Muda (PSHWTM) itu membuat Suran Agung semakin sakral. Kian semarak dengan sajian pencak tiga zaman yang menceritakan perjalanan PSHWTM dari masa ke masa.

Sekitar 15 ribuan warga PSHWTM dari berbagai daerah di tanah air tumpah ruah di Lapangan Winongo Minggu (15/9). Tahun ini, sisi budaya dan kearifan lokal lebih kentara. ‘’Kami kemas dengan balutan budaya agar menjadi pembelajaran dan tontonan menarik bagi masyarakat,’’ kata Ketua Umum PSHWTM R. Agus Wijono Santosa.

Suran Agung berjalan lancar, aman, dan tertib. Warga dari luar daerah menaati setiap peraturan. Masuk ke wilayah Kota Madiun menggunakan kendaraan roda empat tertutup. ‘’Acara berjalan lancar tanpa ada kendala. Seluruh warga dari luar daerah menaati peraturan yang ada,’’ ujar Mas Win, sapaan R. Agus Wijono Santosa.

 

Mas Win menegaskan, suasana kondusif itu tidak terlepas dari kerja sama pemerintah kota, Polri/TNI, serta seluruh pengurus perguruan pencak silat di Kota Madiun. Ini menjadi pembuktian untuk menghilangkan persepsi negatif yang berkembang selama ini. ‘’Kita semua bersaudara. Mari bersatu padu untuk kegiatan positif ini,’’ tuturnya sembari menyebut ada 402 warga baru disahkan dalam acara tersebut.

Mas Win berharap, ke depan pemkot mendukung kegiatan dikemas menjadi pawai budaya yang dapat dinikmati seluruh masyarakat. ‘’Kami ucapkan terima kasih kepada pemkot, petugas keamanan, dan seluruh pengurus pencak silat di Kota Madiun,’’ ucapnya.

Wali Kota Madiun Maidi yang hadir kemarin memastikan Suran Agung ke depan dikemas dalam pawai budaya. Agar dapat menjadi tontonan sekaligus promosi wisata budaya kota setempat. Pihaknya mempersilakan seluruh pendekar dari berbagai daerah memasuki kota, asalkan santun, tertib, dan saling menghormati. Pun menaati peraturan yang telah disepakati bersama. ‘’Alhamdulillah pelaksanaan tahun ini berjalan lancar. Tahun depan, kami pastikan lebih menarik,’’ janjinya.

Kapolres Madiun Kota AKBP Nasrun Pasaribu memastikan pelaksanaan Suran Agung kemarin zero accident. Hal itu patut menjadi pijakan untuk pelaksanaan kegiatan di tahun mendatang. ‘’Tetap kami harapkan kerja samanya dari seluruh elemen terkait yang terlibat dalam kegiatan ini,’’ kata Nasrun. (mgd/kid/c1/fin)  

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button