News

Surah Al Kafirun Mengandung Ajaran Tidak Boleh Mencampuradukkan Dalam Urusan

×

Surah Al Kafirun Mengandung Ajaran Tidak Boleh Mencampuradukkan Dalam Urusan

Share this article

Surah Al Kafirun Mengandung Ajaran Tidak Boleh Mencampuradukkan Dalam Urusan – Dalam surat Al Kafirun ditegaskan bahwa kita tidak boleh mencampuradukkan agama dan keyakinan. Namun hendaknya kita mempunyai rasa toleransi dalam beribadah dan beriman, seperti dalam salah satu ayat Al Kafirun, “Agamamu untukmu dan agamaku untukku.”

Surah Al Kafirun sendiri merupakan salah satu surah terpendek dalam Al-Qur’an dan merupakan surah ke-109. Al Kafirun diturunkan di Mekkah sesaat sebelum Nabi Muhammad SAW. pindah ke Madinah, terdiri dari 6 ayat dan termasuk dalam Surah Mekiye.

Surah Al Kafirun Mengandung Ajaran Tidak Boleh Mencampuradukkan Dalam Urusan

Menurut Ibnu Abbas, Nabi Muhammad SAW. tergiur dengan kekayaan berlimpah kaum Quraisy yang kafir dengan maksud agar Nabi syahwat menyembah berhala. Namun Nabi Muhammad SAW menolaknya secara halus.

Buku Guru Paidbp 6

Isi surat Al Kafirun dirangkum di bawah ini. Yuk simak sampai habis sebagai pengetahuan baru tentang ibu dan bayi!

Kaum kafir Quraisy terus mencari cara untuk mencegah Nabi (saw) menyebarkan Islam. Hingga akhirnya mereka berusaha berkompromi dengan Nabi SAW. Ketika Nabi SAW menyembah Tuhan orang Quraisy, mereka juga akan menyembah Tuhan sesuai ajaran Islam.

Namun, para pemimpin Quraisy yang tidak setia khawatir bahwa iman yang mereka yakini dari nenek moyang mereka di Arab akan hilang dan digantikan oleh Nabi (SAW).

Oleh karena itu, surat Al Kafirun diumumkan sebagai jawaban atas ibadah kepada Allah. itu tidak dapat dikompromikan dengan apa pun.

Mui Jatim Imbau Pejabat Tak Ucapkan Salam Lintas Agama

Nabi s.a.v.s. bersabda tentang keutamaan Surah Kafirun: “Barangsiapa membaca Surah Al Kafirun, maka setara dengan membaca seperempat Al-Qur’an.”

Baca Juga  Berikut Termasuk Bahan Patung Dengan Tekstur

Nabi Muhammad sendiri sering membacakan Surat Al Kafir saat salat dua rakaat setelah Tawaf. Sebab, di dalam surat Al Kafirun banyak sekali isi dan keistimewaannya.

Di bawah ini adalah kandungan yang terdapat dalam Surah Al Kafirun Tafsir Al Azhar karya Buya Hamka, Tafsir Ibnu Kasir dan lain-lain.

Inilah isi Surat Al Kafirun yang bisa bunda pelajari dan ajarkan kepada si kecil. Ingatlah untuk mempraktikkan pelajaran tersebut dalam kehidupan sehari-hari ya, Bu. Saya harap informasi ini bermanfaat!

Polemik Pernikahan Beda Agama Berkedok Toleransi

Konsultasi dan pertanyaan akan segera dijawab oleh member tanpa dipungut biaya. Jadi, pastikan Anda memiliki akun untuk mulai mencari ya!

Arti surah al kafirun, surah al kafirun artinya, surah al kafirun, surah al kafirun dan artinya, surah kulya al kafirun, contoh kaligrafi surah al kafirun, surah al kafirun dan terjemahannya, kaligrafi surah al kafirun, surah al kafirun latin, surah al kafirun beserta artinya, bacaan surah al kafirun, penjelasan tentang surah al kafirun