Advertorial

SUPER MEGAH! Pasar Legi Ponorogo Mampu Tampung 4 Ribu Pedagang

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Proyek Pasar Legi Ponorogo akhirnya diresmikan, Rabu (10/2). Rasa bangga begitu dirasakan oleh Bupati Ipong Muchlissoni atas bangunan tersebut. Sebab, kapasitas Pasar Legi Ponorogo benar-benar jumbo. Bangunannya menjulang setinggi 25 meter, terdiri empat lantai dan satu basement. Di setiap lantai gedung pasar yang menganut sistem zonasi pedagang itu, terdapat ruangan seluas 6.300 meter persegi. Luasan lahan parkirnya sekitar 4.500 meter persegi. Masjidnya juga gede, mampu menampung 500 jamaah salat.

Pasar yang total bangunannya seluas 32.605 meter persegi itu sudah siap dimanfaatkan 4.000 pedagang. Tersedia 1.444 kios dan 1.053 los. ‘’Peresmian Pasar Legi Ponorogo sebagai bagian pelaksanaan program pemulihan ekonomi nasional,’’ kata Ipong, Rabu (10/2).

Sesuai rencana, pedagang akan ditentukan sistem zonasi. Lantai satu diperuntukkan pedagang sayur, buah, ikan, ayam, dan daging. Lantai dua berisikan pedagang sembako, meracang, dan beragam bahan makanan. Zona lantai tiga digunakan pedagang gerabah, kelontong, serta empon-empon. Sedangkan lantai paling atas diisi pedagang pakaian, aksesori, penjahit, dan food court. ‘’Zonasi ini sesuai aturan Kementerian Perdagangan (Kemendag) agar pasar tertata rapi, bersih, dan tidak kumuh,’’ jelas Ipong.

Menopang aktivitas jual beli, Pasar Legi dilengkapi dua elevator dan enam eskalator. Tampak depan (fasad) Pasar Legi didominasi ornamen dadak merak yang identik dengan reyog. Pun, terpasang closed-circuit television (CCTV) di 84 titik lokasi. Masih ditambah ratusan hidran guna mendukung kinerja fire alarm untuk meminimalkan kebakaran. ‘’Sangat baik dari sisi kenyamanan dan keamanannya. Saya jamin puas beraktivitas di Pasar Legi,’’ klaim Ipong. (mg4/c1/hw/her/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button