Magetan

Super Mario ke Moto3 Selangkah Lagi

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Mario Suryo Aji kembali mengharumkan nama Magetan di ajang internasional. Pembalap 16 tahun itu berhasil naik podium dalam Red Bull Rookies Cup di Circuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Sabtu (7/11) waktu setempat. Tak urung, siswa SMAN 1 Magetan itu tercatat sebagai pembalap Asia Tenggara yang kali pertama mampu mematahkan dominasi pembalap muda Spanyol di ajang adu kencang motor itu. ‘’Sesuatu yang tidak mudah bagi Mario, tapi itu sebanding dengan perjuangan dan pengorbanannya,’’ kata Hartoto, ayah Mario.

Mario sudah bertolak ke Eropa sejak Agustus 2020 lalu. Dia sempat tertinggal dua seri, akibat lockdown di sejumlah negara termasuk Spanyol. Bahkan, dia sempat mengalami cedera jari akibat terlalu memaksakan diri setelah mobilnya tertinggal. Kesalahan ini menjadi pelajaran tersendiri. ‘’Kalau ingin menang tak perlu menekan diri sendiri. Akhirnya berhasil kali ini, naik podium kedua,’’ ungkapnya.

Start dari grid 4, Mario berada di belakang Pedro Acosta (grid 1), Daniel Holgado (grid 2), dan David Salvador (grid 3). Tiga terdepan dalam balapan pra Moto3 itu adalah pembalap tuan rumah. Ketiganya juga menunggang kuda besi yang sama, motor KTM. Di awal race, Mario sudah berhitung matang jika kondisi lintasan licin akibat hujan. ‘’Sempat turun di posisi tujuh, tiga pembalap  di depannya terjatuh,’’ terang Hartoto.

Super Mario memperebutkan posisi 2 melawan tiga pembalap lain. Sempat terkena long lap penalty, anak Hartoto itu sengaja  menyelesaikan putaran dengan hati-hati. Gap dengan pembalap di belakangnya cukup jauh. Mario menyudahi balapan di posisi 2 dan hanya kalah dari David Salvador. ‘’Ini bukan prestasi pertama pembalap muda di Indonesia, tapi se-Asia Tenggara,’’ ungkapnya.

Mario bakal pulang ke Indonesia akhir bulan ini. Dia masih harus merampungkan dua race. Namun, akhir tahun nanti Mario harus kembali ke Spanyol untuk melanjutkan seri ketiga di Red Bull Rookies Cup sebelum ikut seleksi Moto 3. ‘’Syarat utamanya prestasi,  dari sisi usia sudah memenuhi syarat. Minimal 17 tahun,’’ pungkas Hartoto. (fat/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button