Pacitan

Super Keren! Watukarung dan Srau Berkelas Internasional untuk Lokasi Surfing

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Selain Pancer Door, Pacitan masih punya dua pantai lain yang cocok untuk olahraga surfing. Yakni, Watukarung dan Srau. Bahkan, dua pantai itu disebut-sebut memiliki karakteristik gelombang lebih baik dibandingkan Pancer Door. ‘’Yang paling bagus Watukarung. Kelasnya internasional. Gelombangnya nge-roll,’’ kata Kasi Sarana dan Prasarana Pemasaran Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Pacitan Sarno Utomo Minggu (6/10).

Menurut dia, Pancer Door dipilih untuk event surfing lantaran  mempertimbangkan peserta yang rata-rata surfer pemula. Sedangkan Watukarung high risk alias berisiko tinggi karena diapit tebing dan karang. Meski begitu, lokasi tersebut justru jadi jujukan surfer mancanegara. ‘’Turis luar negeri senang di sana (Watukarung, Red),’’ ujarnya.

Sedangkan Pantai Srau hanya bisa digunakan pada bulan-bulan tertentu. Sekitar Februari hingga Mei. Itu jika dua pantai lainnya tidak bisa digunakan. ‘’Misalnya karena angin, gelombang, dan faktor alam lainnya. Seperti gelombang tinggi tapi pecah,’’ jelasnya sembari menyebut gelombang di Pantai Srau konstan.

Untuk pengembangan wisata surfing, sebagian besar diserahkan kepada komunitas. Pasalnya, mereka dinilai paling paham kebutuhan. Disparpora telah menggelontorkan anggaran Rp 130 juta dari dana alokasi khusus (DAK) untuk workshop surfing. Sedangkan tahun depan, surfing juga lebih mendapat perhatian. Yakni, dibiayai APBD dan APBN. ‘’Tahun depan item surfing dimasukkan lagi. Besaran belum tahu. Baru ditetapkan Kemenpora dua-tiga hari lalu,’’ jelasnya. (odi/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button