Ngawi

Sungai Meluap, Jembatan Desa Mojo Ambrol

Akses Kendaraan Roda 4 Lumpuh

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Hujan yang mengguyur Ngawi Sabtu malam (7/12) tak hanya merusak sejumlah rumah dan merobohkan pepohonan. Sebuah jembatan di Dusun Pojok, Mojo, Bringin, juga mengalami kerusakan.

Tanggul mulut jembatan tersebut ambrol hingga membuat akses warga desa setempat terganggu. ‘’Ambrolnya waktu hujan. Saat itu air sungai memang naik,’’ kata Bayu Pratama, salah seorang warga, Senin (9/12).

Bayu mengungkapkan, hujan lebat yang mengguyur wilayah desanya malam itu berlangsung cukup lama. Akibatnya, aliran sungai yang membentang di desa setempat nyaris meluap. Saking derasnya, tanggul sisi timur jembatan ambrol dan membuat separo mulut jembatan selebar empat meter tersebut menganga. ‘’Beberapa hari sebelumnya juga sempat ambrol, tapi cuma sedikit,’’ ujarnya.

Imbasnya, jalur penghubung Desa Mojo menuju kecamatan itu tak bisa dilalui kendaraan roda empat. Mereka harus memutar beberapa kilometer untuk keluar desa tersebut. Sementara, pengendara motor harus bergantian saat melintas di jembatan permanen tersebut.

Pun, beberapa batang bambu sengaja dibentangkan di sekitar jembatan sebagai tanda bangunan tersebut rusak. ‘’Selama ini banyak yang lewat situ (jembatan Mojo, Red). Apalagi, jalur utama menuju sekolah,’’ tutur Bayu sembari berharap jembatan segera diperbaiki.

Bayu menduga kerusakan tersebut tak lepas dari kondisi tanah sekitar jembatan yang banyak retakan seiring musim kemarau lalu. Ditambah kencangnya aliran sungai bersamaan hujan deras yang mengguyur. ‘’Baru kali ini rusak. Dulu airnya lebih tinggi tapi aman-aman saja,’’ imbuhnya.

Pantauan di lokasi, di sisi timur mulut jembatan tampak lubang menganga. Ukurannya nyaris separo badan jalan. Sementara, di bawah teronggok bongkahan tanggul yang ambrol. Pun, sisi tebing bawah jembatan tampak terkikis. (gen/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button