AdvertorialMadiun

SUNDAY MARKET: Semua Harus Patuh Protokol Kesehatan

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Ketua DPRD Kota Madiun Andi Raya Bagus Miko Saputra sebenarnya tak keberatan dengan dibukanya kembali Sunday Market di tengah pandemi Covid-19 Minggu (7/6). Karena bisa membuat ekonomi pedagang berputar lagi setelah diliburkan berjualan sejak 16 Maret lalu. Apalagi, ada penataan jarak dengan pedagang lain, tak lagi uyel-uyelan.

Selain itu, akses keluar-masuk pengunjung dipisah. Sehingga, tidak terjadi penumpukan. Namun, dia mengingatkan pemkot untuk terus memperketat penerapan protokol kesehatan. Karena masih ada pengunjung yang berkerumun di satu tempat. ‘’Kami berharap ini bisa menunjang perekonomian masyarakat. Tapi, kami juga mengingatkan kepada pemkot soal potensi penyebaran Covid-19 agar dapat selalu berhati-hati dalam penanganannya,’’ kata Andi Raya (AR).

Saat opening Sunday Market dengan konsep new normal, AR ditemani oleh Wakil Ketua DPRD Istono dan Armaya. Mereka menekankan aktivitas di Sunday Market untuk terus diawasi. Nanti ada evaluasi. ’’Mudah-mudahan aman. Yang penting semua patuh protokol (kesehatan),’’ ujar AR.

Sementara itu, Armaya mengaku masih mendapati pengunjung yang tidak mematuhi protokol kesehatan ketika di lokasi Sunday Market. Seperti pengunjung tidak memakai masker dan mengabaikan physical distancing ketika transaksi jual beli.

Berkaca pada kondisi tersebut, Armaya meminta kepada petugas satpol PP dan disperindag untuk mengingatkan pedagang dan menegur masyarakat yang merasa belum menerapkan protokol kesehatan. ‘’Seharusnya petugas all-out untuk selalu mengingatkan. Jangan sampai nanti muncul klaster baru di Sunday Market,’’ tuturnya.

Apabila perlu, ke depan dilakukan rapid test masal terhadap pedagang di Sunday Market sebagai bentuk pencegahan secara dini. ‘’Antisipasi membeludaknya pengunjung juga harus dipikirkan oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (TGTPP) Covid-19 Kota Madiun,’’ ujar Armaya. (her/c1/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
close