Madiun

Sunday Market, Jalan Ahmad Yani Ditutup Enam Jam

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Pemkot Madiun terus melakukan upaya persiapan opening Sunday Market. Konsep metamorfosis car free day (CFD) Pahlawan itu digadang-gadang meningkatkan ekonomi kreatif warga setempat. Bahkan, pengelolaan parkir tak luput ditujukan untuk memberdayakan warga setempat.

Penataan parkir khusus pengunjung bakal ditempatkan di Jalan Ahmad Yani. Setiap Minggu, jalan protokol satu arah itu bakal ditutup mulai pukul 06.00 hingga pukul 13.00. Pemkot melalui dinas perhubungan (dishub) telah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk pengelolaan parkir. ’’Kami berkoordinasi dengan pihak terkait, termasuk warga setempat,’’ kata Kepala Dishub Kota Madiun Ansar Rasidi.

Ansar menjelaskan, pihaknya telah berkoordinasi dengan PT Jatimangol yang mengelola parkir. Pun mengikutsertakan warga di sekitar lokasi, terutama warga Kelurahan Pangongangan. Ada beberapa poin yang telah disepakati dari hasil pertemuan itu. ’’Sudah ada kesepakatan dan seluruh pihak menyetujui kesepakatan itu,’’ lanjutnya.

Kesepakatan pertama, juru parkir banyak direkrut dari warga setempat. Terutama dari pemuda karang taruna kelurahan setempat. Itu ditujukan untuk memberdayakan serta melibatkan aktif warga setempat. ‘’Pembagian hasil juga sudah disepakati,’’ ungkapnya.

Kesepakatan kedua yakni terkait pembagian hasil. Keuntungan parkir bakal dibagi 40 persen masuk ke PT Jatimangol, sementara 60 persen untuk warga setempat yang menjadi juru parkir. ‘’Dengan kesepakatan itu diharapkan dapat mendongkrak perekonomian warga,’’ sambungnya.

Terkait teknis pengaturan area parkir, Ansar mengungkapkan sepanjang Jalan Ahmad Yani hingga totokan Jalan Pandan, termasuk Jalan Mahardi dan gang kecil di sekitarnya, bakal difungsikan parkir pengunjung Sunday Market. Pihaknya bakal memasang barrier atau traffic count bebas kendaraan di pintu masuk jalan protokol dari arah selatan (depan Pos Polisi 901). Kemudian pihaknya memberi ruang di pintu keluar jalan searah tersebut (persimpangan Jalan Pahlawan) untuk traffic light.

‘’Jadi, traffic light di pintu keluar jalan tersebut bisa tetap berfungsi. Karena itu, untuk Jalan Ahmad Yani ke timur harus steril dari parkir. Kendaraan yang masuk juga khusus untuk pengunjung,’’ tuturnya.

Bagi para pengguna jalan yang hendak melintas di jalan tersebut dialihkan menuju timur hingga alun-alun. Setelah itu, pengendara dapat mengikuti rambu pengalihan yang bakal dipasang di titik strategis. ‘’Mengantisipasi crowded karena jelas volume kendaraan bakal meningkat di beberapa titik. Kami pasang rambu di sekitar Alun-Alun Timur mengarahkan lewat Jalan Pandan. Kemudian juga Jalan Pahlawan, Jalan Yos Sudarso, dan pertigaan Jalan Dr Sotemo dari Jalan Pangsud,’’ imbuhnya.

Wali Kota Madiun Maidi menambahkan, dengan persiapan yang matang, pembukaan Sunday Market sebagai pasar percontohan semakin mudah diwujudkan. Maidi berharap Sunday Market menjadi jujukan wisatawan. Terutama pada Sabtu malam dan Minggu pagi. Sehingga dapat mendongkrak ekonomi kreatif menengah ke bawah serta menengah ke atas. ’’Menjadi pasar percontohan yang menarik pengunjung dari berbagai daerah,’’ kata Maidi. (mg7/c1/ota)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close