Ngawi

Sumur Milik Sunarto Jadi Jujukan Tengkulak Air Bersih

Meski hujan mulai turun di Ngawi, sumur milik Sunarto di Desa Hargomulyo, Ngrambe, masih menjadi jujukan para tengkulak. Mereka berburu air bersih untuk dijual kembali ke wilayah-wilayah terdampak kekeringan.

====================

SUGENG DWI, Ngawi, Jawa Pos Radar Ngawi

RINTIK hujan membasahi halaman rumah Sunarto di Dusun Ngetrep, Hargomulyo, Ngrambe, itu. Tetesan air yang tak kunjung berhenti memunculkan genangan di beberapa titik. Meski begitu, sejumlah warga tidak mempedulikan tubuhnya basah kuyup.

Mereka terus menjulurkan selang dari sumur ke tiap mulut jeriken untuk diisi air sebelum akhirnya dinaikkan pikap. Lantaran aliran airnya kecil, mereka harus menunggu berjam-jam sampai semua jeriken terisi penuh. Padahal, dua pekan sebelumnya, 20 hingga 25 jeriken mampu diisi hanya dalam hitungan menit.

Sumur milik Sunarto itu sejak beberapa tahun terakhir menjadi jujukan warga saat musim kemarau. Saban hari kendaraan hilir mudik mengambil air bersih dari lokasi tersebut. ‘’Kebanyakan tengkulak air yang ambil di sini,’’ kata Sunarto.

Bukan tanpa sebab sumur Sunarto jadi jujukan. Sumbernya berasal dari perbukitan Ngrambe, sekitar satu kilometer dari tempatnya tinggalnya. Air sumber tersebut disalurkan ke rumahnya menggunakan pipa besar. Lalu, dialirkan lewat beberapa keran di halaman untuk diambil warga maupun para tengkulak air. ‘’Dulu empat keran airnya mengalir lancar semua, sekarang tinggal satu,’’ bebernya.

Sunarto tidak mematok airnya dengan harga mahal. Satu pikap hanya dipungut Rp 15 ribu. Tak peduli berapa jeriken yang diusung kendaraan tersebut. Sementara, untuk warga sekitar tidak dipungut biaya alias gratis. Termasuk sejumlah tetangga yang memasang pipa dari rumahnya.

Selain faktor musim kemarau, mengecilnya debit air sumur milik Sunarto ditengarai akibat banyak pohon bambu yang ditebang untuk material bangunan rumah. ‘’Mudah-mudahan segera kembali normal (aliran air di sumurnya),’’ harap Sunarto. *** (isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button