Uncategorized

Sumber Mata Air Jenggring Mengering

PONOROGO – Hampir tiga bulan, sumber air di Dusun Jenggring, Desa Duri, Kecamatan Slahung, tak mengalir. Krisis air bersih yang berlangsung sejak Juni lalu itu akhirnya disuplai pasokan air bersih dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ponorogo.

Jumilah, warga setempat, mengatakan rela datang ke tempat tandon air satu jam sebelum pasokan air bersih tiba. Dia tidak ingin kehabisan air bersih lantaran banyak yang turut mengantre. ‘’Sudah tidak ada air lagi di sini,’’ kata Jumilah.

Demi memenuhi kebutuhan sehari-hari, dia rela memikul jeriken berisi air bersih menuju rumahnya. Air bersih itu digunakan untuk mandi, mencuci, dan memasak. ‘’Kalau mandi juga harus secukupnya agar dapat digunakan untuk kebutuhan lain,’’ lanjutnya.

Tiap harinya, BPBD Ponorogo harus memasok dua tangki air bersih masing-masing berkapasitas 6.000 liter. Untuk memenuhi kebutuhan 60 kepala keluarga (KK) atau sekitar 200 warga setempat. ‘’Ada total enam personel yang memasok di desa tersebut. Biasanya kami kirim setiap pagi dan sore hari,’’ kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ponorogo Setyo Budiono.

Terlambat sebentar saja, aktivitas harian warga setempat dipastikan terganggu. Sedikitnya ada lima titik tandon air bersih masing-masing berkapasitas 2.500 liter yang ada di daerah tersebut. ‘’Kalau dari segi tandon air, memang kami akui kurang. Frekuensi pasokan ke depan bakal ditingkatkan,’’ janjinya.

Berdasarkan perkiraan cuaca dari BMKG, dia mengungkapkan kondisi itu akan berlangsung hingga September mendatang. Oleh karena itu, pihaknya harus bekerja ekstra untuk memenuhi permintaan pasokan air bersih. ‘’Kami telah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk penambahan suplai air bersih. Ada beberapa tandon tambahan dari PDAM di Duri yang siap diperbantukan,’’ tuturnya.

Pihaknya berharap dropping air bersih dapat berjalan optimal untuk mencukupi kebutuhan warga. Pengirimannya dimaksimalkan agar tidak terlambat sampai lokasi tujuan. ‘’Tentu akses jalan menuju titik lokasi menjadi tantangan tersendiri. Tapi tak kami jadikan hambatan,’’ pungkasnya. (mg7/c1/fin)

 

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button