News

Sumber Daya Alam Yang Bukan Berupa Makhluk Hidup Adalah

×

Sumber Daya Alam Yang Bukan Berupa Makhluk Hidup Adalah

Share this article

Sumber Daya Alam Yang Bukan Berupa Makhluk Hidup Adalah – Sumber Daya Alam (SDA) atau disebut juga kekayaan alam adalah segala sesuatu yang berasal dari alam. Sumber daya manusia dimanfaatkan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup dan kesejahteraan sehari-hari.

Berdasarkan jenisnya, sumber daya alam dibedakan menjadi 2, yaitu sumber daya alam hayati (biotik) dan sumber daya alam non alam (abiotik). Di bawah ini penjelasan mengenai 2 jenis sumber daya alam tersebut.

Sumber Daya Alam Yang Bukan Berupa Makhluk Hidup Adalah

Merujuk pada Modul Geografi Kelas XI SMA (2020) terbitan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, sumber daya alam adalah sumber daya alam yang berupa makhluk hidup.

Hubungan Sumber Daya Alam Dengan Lingkungan

Sumber daya alam yang berasal dari tumbuhan disebut sumber daya alam tumbuhan, dan sumber daya alam yang berasal dari hewan disebut sumber daya alam hewani.

Menurut Rumah Belajar Chemdikbud, sumber daya alam nabati merupakan sumber daya alam yang paling beragam dan melimpah. Organisme jenis ini memiliki kemampuan menghasilkan oksigen dan glukosa melalui proses fotosintesis.

Dalam kehidupan sehari-hari masyarakat, tumbuhan memegang peranan penting dalam memenuhi kebutuhan hidup. Pemanfaatan sayur-sayuran alami dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut:

Produk kayu giling, mulai dari konstruksi perumahan, perabot rumah tangga, bahan industri seperti kertas dan korek api.

Sumber Daya Alam

Selain sumber daya alam nabati, sumber daya alam hewani juga banyak dimanfaatkan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, khususnya untuk kebutuhan pangan.

Sapi juga digunakan sebagai sarana komunikasi dan promosi budaya di masyarakat, misalnya saja sapi Madura.

Selain sumber daya alam biotik, terdapat juga sumber daya alam non hayati (abiotik). Sumber daya alam non hayati adalah sumber daya alam yang tidak berasal dari makhluk hidup.

Baca Juga  Menggambar Flora Fauna Dan Benda Alam Sama Halnya Dengan Menggambar

Dikutip dari Rumah Belajar ChemistryBud Sumber daya alam yang bukan hayati (abiotik) disebut juga sumber daya alam fisik. Contoh sumber daya alam jenis ini adalah mineral, tanah, air, udara, dan matahari.

Buku Pemanfaatan Sda

Mineral memiliki nilai ekonomi yang besar. Berdasarkan kegunaannya, mineral dibedakan menjadi 3 golongan, yaitu mineral bijih/mineral logam (ore), mineral energi, dan mineral industri.

Tanah merupakan hasil pelapukan batuan dan bahan organik yang rusak akibat proses alam. Bumi mempunyai fungsi dan peranan penting dalam kehidupan manusia, terutama sebagai tempat tinggal dan melakukan berbagai aktivitas.

Air merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi manusia. Jika air kekurangan, maka manusia dan hewan yang hidup di bumi akan mati. Beberapa fungsi air antara lain untuk minum, mandi, dan habitat hewan air.

Setiap makhluk hidup membutuhkan udara, terutama oksigen. Selain itu oksigen juga dibutuhkan oleh tubuh manusia dan makhluk hidup lainnya.

Sumber Daya Alam Dan Pelestariannya

Matahari merupakan sumber energi utama bagi manusia, tumbuhan dan hewan. Pada tumbuhan, sinar matahari memainkan peran yang sangat penting dalam fotosintesis, yang menyediakan sumber makanan bagi tumbuhan. Alam menyimpan banyak sumber daya bagi kehidupan manusia. Namun, masih banyak jenis sumber daya alam yang tidak terbarukan dan akan habis jika terus dieksploitasi.

Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang berasal dari alam, baik bumi, biosfer, atau atmosfer, yang mempunyai manfaat yang bermanfaat. Berdasarkan sifatnya, sumber daya alam dibedakan menjadi dua jenis, yaitu sumber daya alam terbarukan dan sumber daya alam tidak terbarukan.

Sumber daya alam terbarukan berasal dari sumber alam hayati dan non hayati. Dikutip dalam buku ‘Liburan Ilmu Sosial’ karya Sigit Widiantoro dkk, sumber daya hayati berasal dari makhluk hidup, seperti tumbuhan, hewan, hasil pertanian, dan hasil lapangan.

Baca Juga  Sikap Kebiasaanku Aku Harus

Sedangkan sumber daya non hayati adalah sumber daya yang berasal dari makhluk hidup lain. Sumber daya jenis ini berasal dari sumber daya alam, seperti air, udara, dan tanah. Ketiganya dapat dikembangkan dan dimanfaatkan secara terus menerus.

Apa Saja Dampak Eksploitasi Barang Tambang Tanpa Memerhatikan Kelestarian Lingkungan?

Selain sumber daya terbarukan, alam juga mempunyai sumber daya tak terbarukan berupa benda mati. Sumber daya alam yang tidak terbarukan dapat habis jika dikonsumsi secara terus menerus. Pemberian layanan seperti ini tidak akan lagi dimanfaatkan oleh masyarakat.

Contoh sumber daya alam yang tidak terbarukan adalah hasil pertambangan, seperti minyak bumi, gas alam, mineral dan hasil pertambangan lainnya. Berikut 10 sumber daya alam tak terbarukan:

Salah satu sumber daya alam yang tidak terbarukan dan masih dimanfaatkan hingga saat ini adalah batubara. Menurut informasi terkini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Indonesia masih memiliki cadangan batu bara sebesar 38,84 miliar ton dan produksi rata-rata 600 juta ton per tahun.

Selain cadangan batu bara, Indonesia masih memiliki cadangan batu bara sebesar 143,7 miliar ton. Potensi cadangan batubara di Indonesia terletak di pulau Kalimantan dan Sumatera.

Sumber Daya Alam: Jenis, Manfaat Dan Contoh Sda (up 2022)

“Batubara kita masih banyak. Cadangan kita 65 tahun. Sebagian besar di Kalimantan dan Sumatera,” kata Direktur Jenderal Pertambangan dan Batubara Kementerian ESDM Ridwan Jamaluddin dalam siaran persnya. 26 Juli 2021, seperti dimuat di website Kementerian Energi dan Mineral.

Cara mengatasi kelangkaan sumber daya alam tak terbarukan adalah dengan memanfaatkan dan menggunakan kembali sumber daya bekas. Pilihan lainnya adalah beralih ke energi terbarukan.

Baca Juga  Agar Kartu Pos Terlihat Lebih Indah Maka Sebaiknya Ditambah Dengan