Pacitan

Sulit Urai Sampah Pantai Pancer Door

Bersih-Bersih Dilakukan Kondisional

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Sampah yang berserakan di bibir Pantai Pancer Door makin sulit teratasi. Kondisi itu tentu mengancam sektor pariwisata daerah. Karena dapat merusak pemandangan wisatawan yang datang berkunjung.

Pantauan wartawan koran ini, sampah plastik, ranting, hingga batang pohon berserakan di sepanjang 2,6 kilometer garis pantai berpasir putih itu. Sampah-sampah tersebut merupakan ”hadiah” dari empasan gelombang laut.

Belum ada upaya pembersihan total tumpukan sampah di sepanjang pesisir pantai yang terletak di Kelurahan Ploso, Kecamatan Pacitan, tersebut. Pemkab diharapkan bisa secepatnya bergerak membersihkan sisa-sisa sampah yang menumpuk dan mempersempit ruang gerak wisatawan itu. ‘’Kalau dibersihkan tentu lebih enak dipandang,’’ kata Widodo, wisatawan asal Karawang, Senin (20/1).

Secara geografis, Pantai Pancer Door merupakan hilir dari Sungai Grindulu. Lokasinya juga berdekatan dengan Pantai Teleng Ria yang dikelola oleh swasta. Hanya, bedanya, Pantai Pancer Door merupakan salah satu pusat turis berselancar karena ombaknya yang seksi.

Tapi, selama sebulan terakhir atau sejak memasuki musim penghujan, pantai itu dihantam gelombang sampah, terutama ranting dan batang pohon. Hampir tiap hari datang. Dalam jumlah berton-ton.

Upaya bersih-bersih tentu sudah dilakukan. Baik oleh warga, relawan, maupun instansi terkait. ‘’Pembersihannya secara kondisional, hanya saat pengunjung pantai ramai,’’ ujar Sudono, petugas retribusi Pantai Pancer Door. (mg2/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close