Magetan

Sulit Restorasi Kadipaten Purwodadi

Tanah Dikuasi Keluarga Keturunan Diponegoro

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Kadipaten Purwodadi yang terletak di Dusun Temulus, Desa Purwodadi, Barat Magetan masih belum layak untuk dijadikan destinasi wisata. Pasalnya, selain lahan yang merupakan milik perseorangan,  belum ada daya tarik yang bisa dikomersilkan.

Di sisi lain, pemkab juga belum punya keinginan untuk menjadikan Kadipaten Purwodadi sebagai cagar budaya. ‘’Karena lahannya belum menjadi milik pemerintah,’’ kata Kepala Desa Purwodadi Suci Minarni Jumat (1/11).

Kadipaten Purwodadi berada pada tanah seluas sekitar 3 hektar yang dimiliki oleh lima orang. Di mana empat orang di antaranya disebutkan masih mempunyai hubungan keturunan dari Pangeran Diponegoro.

Suci menyatakan pemdes memang sempat berniat untuk membeli tanah Kadipaten Purwodadi tersebut. Hanya, rencana itu sepertinya urung terealisasi. Sebab, butuh dana besar. ‘’Kan tetap harus dibicarakan dengan BPD dan lain lain juga,’’ ujarnya.

Sementara itu, kata dia, saat melakukan penelitian, Balai Pelesatari Cagar Budaya juga sempat menyarankan agar pagar kadipaten dibeli oleh pemerintah. Dengan harapan, pemdes bisa merestorasi pagar keliling kawasan benteng. ‘’Kalau dibeli sekalian ya tidak masalah, yang penting pagarnya dulu. Nantinya pemanfaatannya untuk kegiatan atau event pariwisata,’’ ungkapnya. (fat/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button