Madiun

Sulap Bongpay Jadi Rusunawa Enam Lantai

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Rumah susun sederhana sewa (rusunawa) hampir pasti bakal berdiri di lahan tempat pemakaman etnis Tionghoa atau bongpay di Jalan Hayam Wuruk, Manguharjo. Saat ini, lokasi yang dijadikan hunian ratusan jiwa tersebut terlihat sangat kumuh.

Wali Kota Maidi mengatakan, lokasi tersebut sangat tidak layak dijadikan tempat tinggal. Karena itu, perlu penataan untuk menghilangkan kesan kumuh. ‘’Nanti, jika sudah diurus, tempat itu bisa digunakan ratusan orang. Jadi, mereka menempati tempat tinggal yang layak,’’ kata Maidi, Selasa (12/10).

Sejauh ini pemkot telah melakukan pembersihan di kawasan tersebut. Sementara itu, rusunawa nantinya akan dilengkapi fasilitas yang lebih bagus dan layak dibandingkan rumah-rumah yang ada di makam itu saat ini. ‘’Insya Allah bagus sekali. Rusunawa ini bakal mirip apartemen,’’ ujarnya.

Rencananya, pembangunan akan dimulai tahun depan. Terdiri dari enam lantai dan memiliki 110 unit kamar. Bangunan berdiri di sepertiga luas areal lahan makam dari total keseluruhan sekitar 8.000 meter persegi. ‘’Sisanya akan dibangun untuk sarana-prasarana. Ada lapangan, tempat bermain, dan lapak-lapak UMKM,’’ jelasnya. (irs/c1/sat/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button