Ngawi

Suka Duka Sukodo Berjualan Durian Karanggupito

Beri Garansi kalau Kurang Manis Bisa Dikembalikan

Sudah 15 tahun Sukodo bergelut dengan durian. Selama itu buah berbau khas dan berduri tersebut mampu mengerek ekonomi keluarganya. Sampai-sampai durian hasil budi dayanya diburu oleh warga daerah lain saat musim buah tersebut.

_____________________________________

DUWI SUSILO, KENDAL, Jawa Pos Radar Ngawi

RUMAH Sukodo di Dusun Duwet, Desa Karanggupito, Kecamatan Kendal, seolah tidak pernah sepi pengunjung saat musim durian tiba. Seperti saat Jawa Pos Radar Ngawi berkunjung ke sana Minggu (2/2).

Ketika itu banyak warga dari luar daerah mampir ke tempat tinggal Sukodo yang sederhana tersebut. Seperti dari Magetan, Madiun, dan Solo. Malah beberapa waktu lalu ada rombongan dari Kalimantan naik bus datang ke rumah Sukodo hanya untuk mencicipi buah durian yang dibudidayakannya. ‘’Ada puluhan orang yang datang ke sini setiap hari,’’ kata Sukodo.

Berduri tapi bergizi, begitulah slogan yang dipakai Sukodo untuk memasarkan duriannya. Dia dibantu istri beserta dua rekannya dalam menjalankan usahanya tersebut. ‘’Awalnya dulu saya ikut orang. Kerjanya mengikat durian,’’ ujar bapak dua anak tersebut.

Tapi, itu semua tidak berlangsung lama. Sukodo mulai membangun usaha sendiri. Namun, bisnis duriannya sempat berjalan kurang mulus. Seperti bibit pohonnya ambruk diterpa angin kencang. Padahal, saat itu duriannya tinggal dipanen. ‘’Waktu itu saya membeli dari petani dengan harga Rp 4,5 juta tapi tidak panen sama sekali,’’ ungkap pria 50 tahun tersebut.

Ada satu hal yang membuat Sukodo dapat dipercaya para pelanggannya. Seperti kebijakannya memberi garansi dengan mengganti durian baru apabila buah yang dibawa pulang pelanggannya tersebut tidak berasa manis. ‘’Pernah dulu mengganti Rp 500 ribu ke pelanggan karena rasa durian yang tidak enak,’’ terang Sukodo.

Kini, setelah terkenal seantero Ngawi dan sejumlah daerah lain, Sukodo menyebut bahwa kebutuhan duriannya meningkat. Misalnya dalam sehari durian yang terjual bisa mencapai 100 buah. ****(her/c1)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button