Ponorogo

Sugiri Berencana Ganti Patung Warok Angkat Adipura dengan Monumen HOS Tjokroaminoto

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Keberadaan patung Adipura di perempatan Pasar Legi Ponorogo bakal tamat. Patung warok yang mengangkat Adipura itu akan diganti dengan monumen pahlawan nasional Hadji Oemar Said (HOS) Tjokroaminoto.

Pergantian patung tersebut merupakan rencana Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko. ‘’Beliau lahir di Ponorogo. Cucu Bupati Ponorogo Raden Mas Adipati Tjokronegoro juga. Sangat layak dijadikan brand identity Ponorogo,’’ kata Sugiri, Senin (8/3).

Selain itu, lanjut dia, ketokohan Tjokroaminoto tak lagi perlu diragukan. Dia salah seorang pendiri organisasi pertama di Indonesia, yakni Sarekat Islam (SI). Pahlawan nasional yang dijuluki De Ongekroonde van Java atau Raja Jawa Tanpa Mahkota oleh penjajah Belanda itu juga dikenal sebagai guru para pemimpin besar Indonesia, termasuk Soekarno. ‘’Dengan fakta sejarah yang luar biasa itu akan menjadi kebanggaan bagi Ponorogo,’’ ujarnya. (mg4/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

One Comment

  1. maaf sebetulnya patung warok juga merupakan salah satu ikon Ponorogo,mungkin kalo masih ada tempat yang lain bisa di sosialisasikan .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button