features

Sudah Dua Tahun Ratih Yuni Kartika Tekuni Kerajinan Karung Goni

Pandemi Membuat Omzet Penjualan Terjun Bebas

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Karung goni di tangan Ratih Yuni Kartika mampu disulap menjadi berbagai kerajinan cantik seperti dompet dan handbag. Berbagai kerajinan berbahan karung goni itu bisa dijumpai di rumah Ratih di Perumahan Mojopurno Indah, Desa Munggut, Wungu, Kabupaten Madiun.

Ada dompet, handbag, totebag, hingga clutch. Aneka kerajinan itu terlihat cantik dengan adanya hiasan bertema flora dari bahan pita, renda, dan sulaman. Sejak Desember 2019 lalu Ratih menekuni kerajinan berbahan dasar karung goni. Perempuan 47 tahun itu mengerjakannya setelah urusan rumah selesai. Biasanya mulai pukul 09.00 hingga 16.00. ‘’Sehari rata-rata bisa menyelesaikan tiga sampai lima item,’’ ujarnya, Rabu (13/10).

Proses pembuatan kerajinan karung goni harus melalui beberapa tahapan. Dimulai dengan menggambar pola di kertas. Kemudian, pola yang sudah terbentuk diblat di permukaan karung goni. ‘’Lalu, karung goni dijahit sekalian difuring,’’ papar Ratih.

Seiring berjalannya waktu, kerajinan berbahan karung goni buatan Ratih dikenal hingga luar daerah, bahkan luar pulau. Pun, banyak instansi di lingkup Pemkab Madiun yang membeli produknya. ’’Biasanya dipakai sendiri atau untuk oleh-oleh,’’ tuturnya sembari menyebut kerajinannya dibanderol dengan harga mulai Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu.

Sebelum pandemi Covid-19 melanda, dalam sebulan Ratih mampu mengantongi pendapatan bersih hingga Rp 2 juta dari penjualan kerajinan berbahan karung goni buatannya. Namun, wabah korona mengakibatkan omzet penjualan terjun bebas. ‘’Turun sampai 75 persen. Sekarang sebulan bisa terjual satu saja sulit,’’ ungkap ibu dua anak itu.

Perempuan yang sebelumnya seorang penjahit baju itu tak hanya membuat kerajinan berbahan karung goni. Beberapa jenis craft lain juga mampu dihasilkannya. Mulai sepatu ecoprint, kalung tenun, kerajinan dari kanvas, hingga kotak tisu dari pelepah pisang. (tr1/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button