Madiun

Subsidi Upah Pekerja Cair

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Kabar gembira bagi pekerja peserta BPJS Ketenagakerjaan. Bantuan subsidi upah (BSU) dari pemerintah pusat mulai cair ke rekening penerima manfaat. Transferan Rp 1 juta itu untuk dua bulan, Agustus dan September.

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Madiun Honggy Dwinanda Hariawan mengatakan, pencairan dibagi dalam lima batch atau kelompok. Pertama, dimulai pertengahan Agustus. Kedua, pekan terakhir bulan ini. Sementara batch selanjutnya menyusul sesuai jadwal dari Kemenaker. ‘’Berapa peserta di wilayah kami yang sudah menerima, datanya ada di pusat,’’ kata Honggy, Minggu (22/8).

Total, pihaknya mengusulkan 5.900 peserta untuk menerima batch pertama. Hanya, pihaknya belum dapat memastikan jumlah yang telah menerima BSU. Dia memastikan usulannya telah memenuhi kriteria sesuai Permenaker 16/2021 tentang Syarat Penerima BSU. Yakni, WNI yang dibuktikan NIK, pekerja penerima upah, peserta aktif di BPJamsostek sampai 30 Juni 2021, upah maksimal Rp 3,5 juta per bulan, serta berada di wilayah PPKM level 3 dan 4.

Pun diutamakan bekerja di sektor usaha industri barang konsumsi, transportasi, aneka industri, properti dan realestat, serta perdagangan dan jasa. Pengecualian jasa pendidikan dan kesehatan sesuai klasifikasi data sektoral BPJS Ketenagakerjaan. ‘’Jadi, langsung ditransfer pemerintah pusat dalam hal ini Kemenaker. Sekali dikirim Rp 1 juta untuk dua bulan,’’ paparnya.

Honggy menyebutkan, total calon penerima di wilayah kerjanya yang diajukan 200 ribu orang. Jika ingin mengetahui kepastian menerima BSU, dapat diakses melalui situs resmi BPJS Ketenagakerjaan. Namun, jika telah menerima bantuan jenis lain dari pemerintah, maka tidak berhak menerima BSU. ‘’Kalau sudah pernah mendapat bantuan lain dari pemerintah, otomatis datanya akan dieliminasi,’’ terangnya. (kid/c1/sat/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button